suryapagi.com
MALANG RAYAREGIONAL

Jangkauan Awan Panas Gunung Semeru Berkurang

SPcom LUMAJANG – Hingga kini Gunung Semeru masih mengeluarkan awan panas. Meskipun jangkauannya sudah jauh berkurang dibandingkan kemarin.

Salah satu relawan, Edi mengatakan, sejak pagi hari Gunung Semeru diguyur hujan. Berdasarkan pantauan di lapangan, wilayah Kecamatan Pronojiwo sejak pagi tadi, Senin (5/12/2022) hingga menjelang sore hari intensitas hujan masih belum berhenti.

“Dan untuk kegiatan Gunung Semeru, masih ada guguran awan panas sekitar 500-700 meter. Sejak pagi, tepat pengungsian sudah sepi banyak yang pulang,” ujarnya.

Bahkan BMKG sendiri menyebutkan, wilayah yang berpotensi diguyur hujan disertai kilat atau petir yaitu Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kecamatan Ampel Gading Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang. Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang.

Sementara itu di beberapa kawasan Gunung Semeru lainnya berpotensi hanya diguyur hujan tidak dengan disertai kilat atau petir. Pertama di Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Kedua di Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang. Ketiga di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Keempat di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Diketahui, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMG) menyatakan status Gunung Semeru di Jawa Timur pada Minggu ini telah dinaikkan dari Level 3 atau Siaga menjadi Level 4 atau Awas terhitung mulai pukul 12.00 WIB.

Mengenai, pengungsi yang diperkirakan mencapai ratusan jiwa lebih sejak pagi sudah banyak yang kembali ke rumah masing-masing, dimana yang tersisa di tempat pengungsian hanya 7 manula.

Namun demikian, sejumlah dapur sudah dibangun di Kecamatan Pronojiwo dan petugas dari BPBD serta TNI Polri berjaga-jaga siaga menghadapi kejadian yang kemungkinan terjadi. (Putut)

Related posts

BNN Sita 212 Kg Sabu dan 19.700 Butir Ekstasi Jaringan Riau-Madura

Ester Minar

Pemkab BU Kenalkan Gardu Penangkis dan SIKO ke KEMENPAN-RB

Sandi

Viral Bocah 6 Tahun Penuh Luka, Diduga Disekap dan Dianiaya Ibunya

Ester Minar

Leave a Comment