suryapagi.com
RAGAM

Ini Pesan Presiden Jokowi Untuk Anak-Cucunya

SPcom SOLO – Anak Bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep resmi telah menikah dengan Erina Gudono hingga kini telah jalani Prosesi Tumplak Punjen dalam rangkaian ngunduh mantu di Loji Gandrung, Minggu 11 Desember 2022.

Dalam prosesi itu Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada anaknya yang ketiganya yang saat ini telah berstatus berkeluarga.

Dalam prosesi Tumplak Punjen, Kaesang-Erina terlihat bersimpuh bersama dengan kakaknya yaitu Gibran Rakabuming Raka dan istrinya Selvi Ananda, Kahiyang Ayu dan suaminya Bobby Nasution.

Sedangkan putra Bobby, Panembahan Al Nahyan tampak di lokasi. Selanjutnya Gibran mewakili anak-anak Jokowi berterima kasih kepada orang tuanya.

Dengan bahasa Jawa halus, Gibran menyampaikan rasa terima kasih dan mendoakan kedua orang tuanya sehat selalu.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada bapak dan ibu karena memberikan kami tuntunan,” ujar Gibran, Minggu 11 Desember 2022.

Jokowi selanjutnya memberikan arahan dan nasehat kepada anak-anaknya, khususnya untuk Gibran, Jokowi memberikan pesan agar dirinya dapat menjadi panutan bagi adik adiknya, sementara yang lebih muda harus bisa menghormati yang lebih tua.

“Untuk anakku yang pertama, Gibran Rakabuming Raka bisa mengayomi, jadilah teladan bagi adik-adikmu semua, sebaliknya, adik-adik harus berbakti dan hormati yang lebih tua, semua rukun dalam persaudaraan,” ujar Jokowi memberikan wejangan, Minggu 11 Desember 2022.

Tidak lupa Jokowi juga memberikan wejangan untuk para cucunya, dan juga anak anaknya agar bisa menjadi yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

“Untuk anak dan cucuku semua, kamu harus bisa menjalani berkeluarga agar berguna untuk sesama, berguna untuk bangsa, berguna untuk negara berguna untuk agama, mikul dhuwur mendhem jero,” ujarnya.

Setelah prosesi itu, Rombobgan kekuarga besar Jokowi kemudian menuju kereta kencana untuk melakukan kirab ke Puro Mangkunegaran. (SP)

Related posts

Cinta Laura Tidak Ingin Punya Anak, Seperti Ini Respon Orang Tuanya

Ester Minar

Aktivis Penolak Tambang Budi Pego Ditangkap, Komnas HAM Buka Suara

Ester Minar

Kemenag: Biaya Haji 2023 Rp98,8 Juta

Ester Minar

Leave a Comment