suryapagi.com
EKONOMINEWS

Harga Beras Melambung, Mendag: Bulog Lepas Stok ke Pasar

SPcom JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengakui harga beras masih tinggi saat ini. Oleh sebab itu, ia meminta Bulog untuk melepas stok beras langsung ke pasar guna menekan harga. Ia bilang, koordinasi sudah dilakukan agar distribusi beras Bulog bisa langsung ke pasar, sehingga harga jual ke masyarakat bisa sesuai yang dipatok pemerintah yaitu Rp 9.450 per kilogram.

“(Harga) beras masih stabil tinggi, oleh karena itu kami sudah rapat kemarin. Ini kan tugasnya Bulog agar segera melepas stoknya sampe ke pasar,” ujarnya, seperti dilansir kompas.com, Kamis (2/2).

Menurutnya, selama ini distribusi beras oleh Bulog masih terbatas hanya ke agen-agen besar, sehingga harga jualnya ke masyarakat menjadi meningkat.

Zulhas menuturkan, pada dasarnya harga jual beras Bulog ke agen besar Rp 8.200 per kilogram, namun seringkali karena kualitas berasnya yang bagus, maka ketika dijual kembali ke masyarakat harganya menjadi lebih mahal melampaui yang dipatok pemerintah.

“Bulog jualnya Rp 8.200 harusnya di pasar itu paling mahal Rp 9.450, tapi beras Bulog ini bagus. Nah kalau beras Bulog yang bagus ini dibeli oleh pelaku besar lagi, kan dijualnya jadi lebih mahal lagi,” jelas pria yang akrab dipanggil Zulhas itu.

Menurut dia, harga jual beras di pasaran yang berkisar Rp 10.000-Rp12.000 adalah harga wajar dari beras premium. Namun, untuk beras yang dipasok dari Bulog merupkan beras mediuam yang seharusnya dijual dengan harga tertinggi Rp 9.450 per kilogram.

“Premium kan Rp 10.000-Rp 12.000, itu enggak apa-apa, tapi yang beras Bulog itu Rp 9.450, enggak boleh lebih,” imbuhnya.

Zulhas memastikan, pemerintah dan Bulog terus berupaya untuk menstabilkan harga beras di pasaran sesuai yang dipatok pemerintah. Termasuk dalam upaya penjualan langsung ke pasar, tanpa perantara. (SP)

Related posts

Pemerintah Resmi Larang TikTok Shop Transaksi Jual-Beli

Ester Minar

Keluarga Mahasiswa UI Ingin Kasus Kecelakaan Diperiksa dari Awal

Ester Minar

Halusinasi Lihat Anaknya, Wanita Tercebur Sumur

Ester Minar

Leave a Comment