suryapagi.com
NEWSRAGAMTNI

Resmi, TNI AU Terima Pesawat C-130 J

SPcom JAKARTA – TNI Angkatan Udara (AU) menerima satu unit pesawat C-130J Super Hercules A-1339 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur (Jaktim). Pesawat ini merupakan yang pertama dari total 5 unit, yang akan datang secara bertahap dari pabriknya di Lockheed Martin di Marietta, Georgia, Amerika Serikat (AS).

Berdasarkan pantauan, pesawat C-130J Super Hercules A-1339 ini terlihat mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma. Nampak pesawat itu berwarna abu-abu dengan kode pesawat N51008.

Nampak pukul 13.23 WIB, 8 awak pesawat turun dan dikalungi. Pada badan pesawat, bertuliskan ‘TNI ANGKATAN UDARA’.

Sebelumnya, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengatakan 5 pesawat Super Hercules C-130J akan dikirim dari AS, mulai Maret 2023 hingga Januari 2024.

“Hercules ini akan ditempatkan di Lanud Halim Perdanakusumaƙ. Kemudian disiapkan juga 3 awak pesawat pada penerbangan dari Georgia menuju Jakarta,” jelas Indan kepada wartawan di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jaktim, Selasa (21/2).

Soal kedatangan pesawat-pesawat baru TNI AU ini, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo memang telah menyampaikan soal penguatan alat utama sistem senjata (alutsista) tahun ini. Salah satunya, menurut Fadjar, pesawat Super Hercules C-130J yang akan tiba di Tanah Air bulan depan.

Selain Super Hercules C-130J, Fadjar mengatakan alutsista TNI AU akan diperkuat juga dengan helikopter Super Puma EC-225. Fadjar menuturkan helikopter tersebut akan tiba tahun ini.

“Dan juga Helikopter EC-225, itu tahun ini akan kita terima,” imbuh Fadjar. (SP)

Related posts

Polisi Gerebek Rumah Pembuat Sabu Likuid Vape di Meruya

Sandi

Wanita Diamankan Usai Terpergok Hendak Mencopet

Ester Minar

Dituding Tukang Selingkuh, Ijong Ancam Akan Penjarakan Haters

Ester Minar

Leave a Comment