suryapagi.com
NEWS

Polri Selidiki Transaksi Keuangan Rekening Panji Gumilang

SPcom JAKARTA – Bareskrim Polri melakukan analisa terhadap rekening milik dari Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun, Panji Gumilang . Hal itu dilakukan terkait dengan pengusutan dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Panji Gumilang.

“Tentunya kita analisis dulu sejumlah rekening yang ada. Masih pendalaman transaksi keuangannya,” ujar Dir Tipideksus Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan kepada awak media, kemarin.

Whisnu pun mengaku telah melakukan pemanggilan sejumlah saksi terkait dengan dugaan kasus TPPU oleh Panji Gumilang tersebut.

“Baru pemanggilan saksi-saksi,” kata Whisnu, seperti dilansir sindoinews.com.

Diketahui, penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri melakukan pemeriksaan terhadap Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun, Panji Gumilang pada Senin 3 Juli 2023. Usai periksa Panji Gumilang, Dit Tipidum Bareskrim Polri resmi meningkatkan perkara itu ke tahap penyidikan.

Terbaru, penyidik Dit Tipidum Bareskrim Polri menemukan adanya unsur pidana lain dalam perkara tersebut, yakni kasus dugaan tindak pidana ujaran kebencian bermuatan Suku, Agama, Ras dan Antar-golongan (SARA), sebagaimana diatur dalam UU ITE.

Panji Gumilang dilaporkan kepada pihak kepolisian oleh Forum Pembela Pancasila (FAPP) pada Jumat 23 Juni 2023 atas dugaan penistaan agama. Laporan atas Panji pun teregister dengan nomor:

LP/B/163/VI/2023/SPKT/Bareskrim Polri tertanggal 23 Juni 2023. Kemudian, NII Crisis Center juga telah melaporkan Panji Gumilang terkait kasus dugaan penistaan agama ke Bareskrim Polri.

Bareskrim Polri pun menerima laporan dari NII Crisis Center tersebut dengan registrasi Nomor:LP/B/169/VI/2023/SPKT/BARESKRIM POLRI 27 Juni 2023.

Panji dilaporkan sebagaimana dengan Pasal 156 A Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Penistaan Agama. (SP)

Related posts

Jatuh dari Motor, Pria Tewas Terlindas Truk

Ester Minar

Miris! Lansia Lumpuh Dibuang Keluarga di Pinggir Jalan

Ester Minar

Pemkot Bogor Terapkan Ganjil Genap Mulai 6 Februari 2021

Sandi

Leave a Comment