suryapagi.com
TNITNI/POLRI

KSAD Resmi Tutup Bootcamp TNI AD to Gen Z

SPcom JAKARTA – Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Dudung Abdurachman, menutup secara resmi kegiatan “Bootcamp TNI AD to Gen Z”, di Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Kamis (3/8/2023).

Dudung mengucapkan selamat kepada para peserta atas keberhasilan menjalani Bootcamp TNI AD to Gen Z.

“Para peserta Bootcamp, kalian luar biasa dan istimewa. Selama tiga hari ini, kalian membawa bekal yang luar biasa tentang nilai-nilai kebangsaan,” ujarnya.

Ia juga mengutip pernyataan Presiden RI pertama, Ir. Soekarno, yakni “Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah. Namun perjuangan kalian akan lebih sulit karena melawan bangsa sendiri.”

Menurutnya, pernyataan tersebut mengandung makna yang dalam untuk menyadarkan anak bangsa tentang ancaman konflik yang dipicu dari perbedaan suku, agama, ras, dan antargolongan.

Terlebih di era disrupsi informasi, dimana literasi digital masyarakat masih rendah dibanding jumlah orang yang mampu mengakses internet. Akibatnya, kebohongan bisa menjadi kebenaran karena memainkan emosi.

“Karena itu, adalah kewajiban kita semua untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan, dengan cara memahami dan menerapkan nilai-nilai kebangsaan,” pesannya.

Bootcamp ini diikuti oleh 180 peserta dari siswa SMA dan perguruan tinggi sejak 1 Agustus 2023.

Peserta mendapatkan pemahaman tentang wawasan kebangsaan, menangkal radikalisme, pengarusutamaan gender, pelatihan menulis, fotografi, dan videografi.

Bukan itu saja, mereka juga mendapatkan latihan kedisiplinan, kepemimpinan, inisiatif, kerja sama, dan loyalitas.

Related posts

Pangdam XIV/Hsn Optimalkan Perintah KSAD Untuk Ketahanan Pangan dan Stunting

Sandi

Dankodiklatad Pimpin Apel Kesiapan Pasukan Pelaku Latis YTP 516/CY Kodam V/Brw

Sandi

Menhan: Kita Harus Bisa Produksi Pangan Sendiri, Tidak Perlu dan Tidak Boleh Impor

redsp

Leave a Comment