suryapagi.com
NEWS

MA Pangkas Hukuman Sambo dari Vonis Mati Jadi Penjara Seumur Hidup

SPcom JAKARTA – Mahkamah Agung (MA) mengabulkan permohonan kasasi yang diajukan mantan Kepala Divisi Propam Polri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Ricky Rizal Wibowo, dan Kuat Ma’ruf.

Keempat terdakwa kompak mendapat pengurangan hukuman. Ferdy Sambo yang semula dihukum hukuman mati menjadi penjara seumur hidup.

Putri Candrawathi yang tadinya dihukum 20 tahun penjara menjadi 10 tahun bui. Ricky Rizal Wibobo yang awalnya dihukum 13 tahun bui menjadi 8 tahun penjara. Sementara, Kuat Ma’ruf yang mulanya dihukum 15 tahun penjara menjadi 10 tahun bui.

“Amar putusan kasasi: tolak kasasi PU dan terdakwa dengan perbaikan kualifikasi tindak pidana dan pidana,” demikian bunyi putusan dilansir dari situs kepaniteraan MA, Selasa (8/8). Adapun sidang kasasi digelar pada Selasa (8/8) ini di Gedung MA secara tertutup.

Hakim agung yang mengadili kasasi para terdakwa terdiri dari Suhadi, Desnayeti, Suharto, Jupriyadi, dan Yohanes Priyana. Suhadi duduk sebagai ketua majelis hakim.

Seperti dilansir cnnindonesia,  Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Ricky Rizal Wibowo, dan Kuat Ma’ruf diproses hukum dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J).

Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan telah menjatuhkan vonis hukuman mati terhadap Sambo, 20 tahun penjara terhadap Putri, 13 tahun penjara terhadap Ricky Rizal, dan 15 tahun terhadap Kuat.

Atas vonis tersebut, empat terdakwa menyatakan banding ke Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta. 

Putusan itu kemudian dikuatkan dengan putusan PT DKI Jakarta yang menolak upaya banding Ferdy Sambo cs.

Di sisi lain, Bharada E divonis 1,5 tahun penjara. Perkara Bharada E dinyatakan telah berkekuatan hukum tetap atau inkrah. Kini, dia tengah menjalani hukumannya. (SP)

Related posts

Geger, Petani Ditemukan Tewas Tanpa Kepala

Ester Minar

Terbaik di Indonesia, Suwardwipa Nusantara Circuit Layak Gelar Kejuaraan Internasional

Sandi

Kesal Disebut Lelaki Tak Berguna, Suami Gorok Leher Istri Dengan Cutter Hingga Tewas

Ester Minar

Leave a Comment