suryapagi.com
NASIONALNEWS

Upacara HUT Ke-78 RI, Presiden Jokowi Kenakan Baju Raja Pakubuwono Surakarta

SPcom JAKARTA – Dalam upacara HUT Ke-78 RI di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis, 17 Agustus 2023, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengenakan baju daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng.

Baju Ageman umumnya dipakai oleh para Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar soho Tedhak Loji.

Pakaian itu biasanya juga digunakan untuk raja keluar dari keraton dengan menaiki kereta kuda diikuti dengan perangkat keraton untuk terjun langsung melihat kondisi kawulo/masyarakat.

Jokowi menyebut dirinya ingin menjajal semua pakaian dari barat hingga ke timur Indonesia.

“Ada tim yang milih lah, bukan saya,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (17/7/2023).

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengaku senang melihat banyak masyarakat yang hadir di Istana Merdeka juga menggunakan baju adat. Menurutnya, keberagaman ini jika dipersatukan bakal menjadi kekuatan sebenarnya dari Indonesia.

“Kekuatan Indonesia yang keberagaman yang bisa dipersatukan. Jadi kalau kita bersatu, solid, kompak, itulah kekuatan besar Indonesia,” kata Jokowi.

Lebih lanjut, Joko menyebut ada kemungkinan upacara HUT RI di Istana Merdeka tahun ini bakal menjadi yang terakhir.

“Insya Allah tahun depan sudah di IKN. Kita lihat nanti,” kata Jokowi.

Sejumlah pertunjukkan bakal turut memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis, 17 Agustus 2023. Rangkain acara itu tertuang dalam surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B- 761 /M/S/TU.OO.04/08/2023 tentang pedoman peringatan HUT ke-78 RI Tahun 2023.

Rangkaian acara dimulai pada pukul 08.30 WIB, diawali dengan kirab bendera pusaka dan teks proklamasi dari kawasan silang Monumen Nasional (Monas) menuju ke halaman Istana Merdeka melalui Jalan Medan Merdeka Barat. Kirab dimeriahkan dengan pawai drum band dan pasukan berkuda.

Kemudian pada pukul 09.00 WIB, acara akan dilanjutkan dengan pertunjukan kesenian di halaman Istana Merdeka.

Upacara bakal berlanjut ke peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI sekitar pukul 10.00 WIB dan dilanjutkan pengibaran bendera merah putih.

Setelah upacara selesai dilakukan, akan ada telekonferensi dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur secara virtual. IKN nantinya bakal menjadi lokasi perayaan HUT Ke-79 RI pada 2024.

Masyarakat yang hadir secara langsung akan dihibur dengan atraksi pesawat udara dari TNI Angkatan Udara (AU) dan Kepolisian Republik Indonesia.

Berlanjut di pukul 11.08 WIB, peserta dan undangan akan dihibur dengan berbagai pertunjukan musik seperti Shine of Black yang berasal dari Jayapura, Papua.

Pada sore harinya, Istana bakal menggelar rangkaian kegiatan penurunan bendera merah putih yang didahului dengan pertunjukan kesenian sekitar pukul 15.45 WIB. Selanjutnya akan diadakan upacara penurunan bendera merah putih pada pukul 17.00 WIB. (SP)

Related posts

Berkenalan di Facebook dan Janji Akan Dinikahi, Seorang Wanita Ditipu Puluhan Juta

Ester Minar

Terlempar dari Flyover, Pemotor Tewas Mengenaskan

Ester Minar

Akhirnya, Ibu Hamil Sudah Bisa Divaksin

Ester Minar

Leave a Comment