suryapagi.com
NEWS

Bamsoet Dukung Gubernur Lemhannas soal Pembentukan Angkatan Siber

SPcom JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung usulan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Andi Widjajanto terkait pembentukan Matra ke IV Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan menghadirkan Angkatan Siber (AS).

Bamsoet menyebut dibentuknya angkatan siber akan memperkuat tiga matra yang sudah ada, yakni Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU).

Namun, pembentukan AS tentunya memerlukan amandemen kelima konstitusi untuk mengubah ketentuan pasal 30 ayat 3 UUD NRI Tahun 1945, sehingga TNI tidak hanya terdiri dari AD, AL, dan AU, melainkan ditambah dengan AS.

Ia menambahkan, Singapura, Jerman, dan Tiongkok menjadi contoh negara yang telah membentuk Angkatan Siber sebagai matra tersendiri. Pasukan Siber Tiongkok bahkan diprediksi yang terbesar di dunia, mencapai 145 ribu personil.

“Singapura kabarnya membutuhkan waktu sekitar 7 tahun untuk mengupgrade kemampuan personel dari berbagai matra menjadi Angkatan Siber. Proyeksi Lemhannas, jika Indonesia memulai pembentukan Angkatan Siber tahun ini, dibutuhkan waktu sekitar 7-9 tahun untuk menjadikan Angkatan Siber sebagai matra tersendiri,” ujar Bamsoet dalam Seminar Nasional Program Pendidikan Reguler Angkatan ke-65 (PPRA-LXV) Tahun 2023 yang diselenggarakan Lemhannas, di Jakarta, Selasa (22/8).

Seperi dilansir detiknews, Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menjelaskan gagasan Gubernur Lemhannas muncul karena adanya kebutuhan untuk menjawab berbagai tantangan ke depan.

Menurutnya, Indonesia harus memiliki digital and intelligence service yang terintegrasi karena adanya perubahan yang signifikan di bidang pertahanan siber. (SP)

Related posts

ABG Bakar Rumah Nenek Hingga Ludes Lantaran Tak Dibelikan HP

Ester Minar

2.188 Polisi Akan Kawal Tasyakuran Pernikahan Kaesang dan Erina

Ester Minar

Polda Metro Jaya Grebek Kantor Pinjol, 99 Karyawan Diamankan

Ester Minar

Leave a Comment