suryapagi.com
TNITNI/POLRI

KSAD Kunjungi Kampung Pancasila dan Ponpes di Banyuwangi

SPcom BANYUWANGI – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman, kunjungi Kampung Pancasila, di Desa Patoman, Kecamatan Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (23/8/2023).

Dudung sangat mengapresiasi keberadaan Desa Patoman sebagai Kampung Pancasila. Khususnya karena mampu menyatukan berbagai kelompok masyarakat, baik yang berbeda agama maupun sukunya.

Kampung Pancasila dibentuk Dudung semasa menjabat sebagai Pangdam Jaya. Ia ingin seluruh masyarakat mengingat bahwa bangsa Indonesia didirikan dan dimerdekakan oleh semua golongan, semua agama.

“Semua sama-sama berjuang, ini yang harus kita pegang teguh. Fondasinya adalah Pancasila atau Kebhinnekaan, tiangnya persatuan dan kesatuan, dan atapnya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Usai meninjau Kampung Pancasila di Desa Patoman, Dudung didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, Rahma Dudung Abdurachman, melanjutkan kunjungannya ke Pondok Pesantren (Ponpes) Mabadi’ul Ikhsan Karangdoro di Kecamatan Tegal Sari, Kabupaten Banyuwangi, yang juga dihadiri Menpan RB Abdullah Azwar Anas.

Di Ponpes tersebut, Dudung menyampaikan materi Wawasan Kebangsaan kepada para santri Ponpes Mabadi’ul Ikhsan.

Menurutnya saat ini banyak generasi muda Indonesia mulai terpengaruh budaya luar yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur kehidupan berbangsa dan bernegara. Untuk itu, Pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan tertua di Indonesia, diharapkan dapat terus memberikan kontribusi penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Untuk mampu merealisasikannya, pemahaman terhadap Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Nasional yang utuh dan terintegrasi sangatlah penting,” tandasnya.

Usai menyampaikan materi Wawasan Kebangsaan, Dudung menyerahkan santunan kepada anak yatim piatu, serta menerima penyerahan buku karya ilmiah dari Ketua MUI Banyuwangi.

Related posts

Kasad Beri Penghargaan Kepada Tim Penangkap Pelaku Pembunuhan Babinsa di Papua

Ester Minar

TNI AD Beri Penghargaan 199 Prajurit Berprestasi

Sandi

KSAD: Prajurit TNI AD Siap Hadapi Segala Ancaman

Sandi

Leave a Comment