suryapagi.com
NEWSPOLITIK

Ketua MPR RI Gelar Lomba Stand Up Comedy untuk Kritik MPR RI

SPcom JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo kembali menggelar lomba stand up comedy yang dikemas lebih segar dengan melibatkan wajah-wajah baru. Lomba stand up comedy kali ini dilaksanakan bersamaan dengan peringatan HUT MPR RI dan ditengah euforia masyarakat dalam menyambut pesta demokrasi tahun 2024.

Lomba stand up comedy MPR RI kali ini mengangkat tema Kebhinekaan Dalam Pesta Demokrasi.

“Juara 1 dimenangkan oleh komika Suwarjo Wijaya yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 17 juta. Juara 2 dimenangkan M Ronaldo, mendapatkan hadiah Rp 13 juta. Juara 3 dimenangkan oleh Darwin Moa, mendapatkan hadiah Rp 10 juta dan Juara Favorit diraih Awaludin dengan hadiah Rp 5 juta,” ujar Bamsoet usai menyerahkan hadiah kepada para juara lomba stand up comedy MPR RI di Komplek MPR RI, Jakarta, Selasa (29/8).

Turut hadir antara lain Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani dan Ketua Fraksi Partai Nasdem MPR RI Taufik Basa. Hadir pula sebagai juri final stand up comedy Jarwo Kuat, Iwel Sastra dan Ridwan Remin.

Lomba stand up comedy tahun 2023 diikuti oleh 110 orang peserta pada babak penyisihan yang mengirimkan video kepada panitia. Video-video tersebut kemudian dinilai oleh juri dan terpilih sebanyak 25 orang yang mengikuti babak semifinal di Komplek MPR RI pada tanggal 22 Agustus 2023. Hasilnya, 10 komika terpilih untuk maju di babak final.

“Lomba stand up comedy MPR RI merupakan cara kreatif MPR RI menyerap aspirasi guna menangkap, mencerna, mengelola, dan merespon berbagai realitas sosial yang terjadi di tengah masyarakat. Sehingga dalam melakukan sosialisasi Empat Pilar MPR RI tidak hanya mengandalkan cara konvensional, seperti ceramah, forum diskusi, seminar dan lain-lain, yang kadangkala terkesan kaku,” kata Bamsoet.

Diketahui lomba stand up comedy MPR RI 2023 merupakan tahun kedua. Di tahun pertama penyelenggaraan lomba stand up comedy kritik MPR RI dilaksanakan pada Maret 2022. Juara 1 diraih Citra Sari, Juara 2 Rizky Shandi, Juara 3 Muklis Milu, serta Juara Favorit diraih Intan Latut Tuti.

Sebelumnya pada saat menjadi Ketua DPR RI, Bamsoet juga telah menggelar lomba stand up comedy Kritik DPR RI sebanyak dua kali.

Pertama pada tahun 2018, Juara 1 diraih Aji, Juara 2 Marshel Widianto, serta Juara 3 Kiki Saputri. Sementara penyelenggaraan lomba stand up comedy Kritik DPR RI kedua pada tahun 2019, Juara 1 diraih Yudha Ilham, Juara 2 M. Al Japri, Juara 3 Oby, serta Juara Favorit Ical Kate.

Sosialisasi Empat Pilar MPR RI melalui lomba stand up comedy dibuat dengan harapan agar MPR RI semakin dapat membangun kepercayaan dan intimasi dengan masyarakat, sehingga masyarakat dapat semakin mendukung kerja-kerja MPR RI.

“Lomba stand up comedy MPR RI ini sekaligus menjadi menjadi ruang bagi publik, terutama generasi muda, untuk bisa saling mengedukasi dalam konteks pemahaman terkait Empat Pilar MPR RI dan menyampaikan aspirasi dengan cara yang kreatif dan mengena di masyarakat,” pungkas Bamsoet. (SP)

Related posts

Pimpinan Madrasah Ditangkap Usai Cabuli 7 Siswinya

Ester Minar

Kemenkes: Indonesia Dapat 2.000 Vaksin Cacar Monyet dari ASEAN

Ester Minar

Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya Kampanyekan Cek PPKM di Jakbar

Sandi

Leave a Comment