suryapagi.com
NEWSPOLITIK

KPU Lantik 5,74 Juta Anggota KPPS Pemilu 2024

SPcom JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) melantik 5.741.127 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di seluruh Indonesia. Pelantikan ini diselenggarakan di 71.000 lokasi.

“Anggota KPPS yang dilantik sebanyak 5.741.127 orang anggota KPPS seluruh Indonesia dan pelantikan pada hari ini diselenggarakan pada 71.000 tempat,” kata Ketua KPU Hasyim Asy’ari di Merlynn Park Hotel, Jakarta Pusat, Kamis (25/1/2024).

Hasyim mengatakan, dalam kesempatan ini, KPU juga memberikan bimbingan teknis pelatihan kepada anggota KPPS. Di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), tujuh anggota KPPS akan ditempatkan untuk mengawal jalannya pemungutan suara.

“Setiap TPS itu akan dilaksanakan atau diselenggarakan oleh tujuh orang anggota KPPS. Nah untuk Pemilu 2024, tujuh orang anggota KPPS ini dilantik semua. Ini yang berbeda dengan pemilu-pemilu atau Pilkada sebelumnya yang dilatih atau diikutsertakan dalam bimbingan teknis hanya satu orang,” paparnya.

Hasyim menambahkan, jika Pemilu sebelumnya hanya ada satu anggota KPPS yang dilibatkan, pada tahun ini ada tujuh orang yang turut serta dalam pelantikan dan bimbingan teknis. Semua anggota KPPS yang bertugas menerima pelatihan teknis.

“Tentu tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pemilih dalam menggunakan hak pilihnya di TPS,” ujar Hasyim.

“Selain itu juga kalau tujuh orang ini dilatih, maka juga ada kesempatan bagi tujuh orang ini saling mengingatkan pemahaman dan juga kemampuan teknis dalam penyelenggaraan kegiatan pemungutan penghitungan suara di TPS,” tambahnya. (SP)

Related posts

Kemenkumham Beri 14.057 Narapidana Remisi

Sandi

Haji Sani Siap Dukung Suryapagi di Kalimantan

Sandi

Pembangunan Jembatan Penghubung Jalan Raya Sawangan-Salak Raya Dikebut

Sandi

Leave a Comment