suryapagi.com
REGIONAL

Musrenbang RKPD 2025 Sarolangun Fokus Empat Prioritas Program

SPcom JAMBI – Penjabat (Pj) Bupati Sarolangun, Bachril Bakri secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Sarolangun tahun 2025, Rabu (20/3/2024).

Tema Musrenbang RKPD tahun 2025 yakni “Memantapkan kualitas sumberdaya manusia, infrastruktur, tatakelola pemerintahan dan perekonomian masyarakat menuju bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera”.

Menurut Bachril, 2025 merupakan start dari RPJMD Kabupaten Sarolangun yang berjalan hingga 2029 mendatang. Dan ada potensi penyesuaian RKPD 2025 dalam pelaksanaannya.

“Mari jadikan Musrenbang ini sebagai landasan guna menghasilkan perencanaan berbasis money follow program dan cross cutting program. Ini untuk menjawab harapan masyarakat di desa, dan kelurahan, serta permasalahan dan isu strategis daerah tahun 2025. Dengan tetap konsisten mendukung kebijakan nasional dan Provinsi Jambi tahun 2025,” kata Bachril Bakri.

Terdapat empat prioritas dalam RPKD 2025, pertama peningkatan kualitas sumber daya manusia, dengan fokus dan agenda. Di antaranya peningkatan kualitas pendidikan, fungsionalisasi rumah sakit pratama di Sarolangun.

Lalu menjaga optimalisasi cakupan UHC yang saat ini telah mencapai angka 100 persen. “Perlu kita jaga dan sempurnakan pada tataran implementasinya. Agenda penurunan prevalensi stunting dan penanggulangan kemiskinan,” ucapnya.

Prioritas kedua adalah, pemantapan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik serta perbaikan kapasitas fiskal daerah.

Ketiga yang menjadi focal point adalah penyediaan infrastruktur dan penataan kawasan yang berkelanjutan. Sedangkan prioritas keempat, peningkatan daya saing ekonomi masyarakat dan pengembangan industri kreatif daerah.

“Upaya penataan kawasan perkotaan dan pengurangan kawasan kumuh juga menjadi PR bersama bagi seluruh perangkat daerah terkait. Sehingga wajah kota yang menggambarkan marwah Kabupaten Sarolangun sebagai negeri yang maju akan benar-benar terlihat keberhasilannya,” tuturnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Bappeda Provinsi Jambi, unsur Pimpinan DPRD Kabupaten Sarolangun, Forkopimda Sarolangun, Sekretaris Daerah Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Sarolangun, PPTP, Pejabat Administrator, Pengawas dan Fungsional. (Ar)

Related posts

Terciduk Lakukan Pungli Rp 20 Juta, Kepala Desa Ditangkap

Ester Minar

Bocah 6 Tahun Tewas Terpeleset ke Dalam Saluran Air

Ester Minar

Heboh, Halangi Pemadam Kebakaran, Mobil Diamuk Massa-Dirusak

Ester Minar

Leave a Comment