suryapagi.com
NEWS

Viral! Turis Asal China Tewas Usai Jatuh ke Jurang Kawah Ijen, Menparekraf RI Buka Suara

SPcom JAKARTA – Seorang wisatawan mancanegara (wisman) asal China tewas terjatuh ke jurang di Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, Jawa Timur, Sabtu (20/4/2024). Hal ini viral di media sosial, hingga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno pun buka suara.

Sandi mengatakan bahwa pihaknya turut berduka atas insiden yang menimpa turis asal China berinisial HL (31) dan menegaskan bahwa Kemenparekraf akan menegur pengelola Taman Wisata Alam Kawah Ijen.

“Ini aspek keamanan yang harus kita utamakan, kita prioritaskan. Kami sangat prihatin dan akan memberikan imbauan tegas agar kejadian ini tak terulang,” kata Sandi, Senin (22/4/2024).

Sandi mengatakan, Kawah Ijen adalah tempat favorit bagi para wisatawan untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit yang indah. Maka dari itu, ia meminta seluruh pihak untuk mengutamakan keselamatan berwisata.

“Blok sunrise Kawah Ijen ini merupakan spot yang sangat favorit. Jadi, mohon utamakan keselamatan, untuk wisatawan agar dipandu, dan dipastikan mengikuti aturan,” ujar Sandi.

Berawal dari korban HL berkunjung ke Kawah Ijen bersama suami dan teman-temannya untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit. Menurut pemandu wisata, Guswanto, rombongan tiba di Kawah Ijen sekitar pukul 02.10 WIB setelah berangkat dari Paltuding.

Kemudian korban sempat berfoto dengan jarak dua hingga tiga meter dari bibir kawah. Setelah itu, ia mundur dari posisi awal untuk berfoto di dekat objek kayu tepat di belakangnya.

Namun saat berjalan mundur, kaki korban tersangkut rok panjang yang digunakan sehingga tergulung dan jatuh ke jurang. Jurang tempat HL terjatuh diperkirakan sedalam 100 meter.

“Saya langsung turun lari ke Paltuding untuk meminta pertolongan,” kata Guswanto. (SP)

Related posts

Amankan Perayaan Imlek, Polda Metro Kerahkan 1.965 Personel Gabungan

Ester Minar

Seorang Pemuda Tewas di Kebayoran Lama Diduga Korban Begal

Sandi

Bejat, Pria Cabuli Wanita Penyandang Disabilitas

Ester Minar

Leave a Comment