suryapagi.com
REGIONAL

Tangani Inflasi, Pemkab Karo Jalin KAD Dengan Kabupaten Langkat dan Dairi

SPcom KARO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo membuat memorandum of Understanding (MoU) Kerjasama Antar Daerah (KAD) dengan Kabupaten Langkat dan Kabupaten Dairi, di Kantor Gubernur Sumatera Utara, Senin (13/5/2024).

Kerja sama antardaerah memungkinkan ketiga daerah tersebut saling memenuhi kebutuhan bahan pangan pokok di ketiga daerah tersebut. Ada tiga bahan pokok yang dikerjasamakan, antara lain cabai merah, ikan beku dan telur ayam ras.

Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang bersama Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimi, dan Pj Bupati Dairi Charles Lamhot Bantjin melakukan diskusi berkaitan dengan beberapa upaya lain terkait pengendalian inflasi.

Sementara Pj Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin menyambut baik kerjasama yang dilakukan antara tiga Pemkab ini.

“KAD merupakan inovasi yang sangat baik. KAD merupakan upaya kita bersama pengendalian inflasi di daerah masing masing,” katanya.

Menurutnya, untuk mengendalikan inflasi tidak hanya fokus dalam menekan harga komoditi pangannya saja. Tetapi juga kepentingan petani serta masyarakat sebagai konsumennya.

“Petani dan konsumen ini harus kita pikirkan juga. Oleh sebab itu, kita memerlukan upaya keras dan ekstra. Inilah peran kita pemerintah dalam menerjemahkan keinginan masyarakat tersebut,” tambahnya.
Sementara itu, Deputi Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut Suharman Tabrani mengapresiasi upaya pemerintah daerah dalam pengendalian inflasi di wilayahnya masing-masing. Bank Indonesia pun memperkirakan inflasi Sumut akan berada pada sekitar angka 2,5% (year on year).

“Ini sangat penting perannya mendukung pengendalian inflasi pangan. Pelaksanaan KAD ini komitmen kita untuk mengoptimalkan langkah pengendalian inflasi di Sumut,” kata Suharman. (Akorta)

Related posts

Ikuti Google Maps, Pemotor Wanita Tersesat di Hutan Keramat

Ester Minar

Bareskrim Polri Gerebek Pabrik Jamu Berbahaya

Ester Minar

Bupati BU Kukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah

Sandi

Leave a Comment