suryapagi.com
MISTERIRAGAM

Sumur Gede Keramat Kalideres, Sarat Mitos dan Legenda

Dari mitos ampuh untuk menyembuhkan penyakit, hingga mitos tentang enteng jodoh, sudah tak asing lagi bagi warga sekitar.

SPcom JAKARTA –   Menjadi sumber air, Sumur Gede Keramat di Kalideres, Jakarta Barat  mengalirkan sejumlah mitos. Sumur yang juga telah ada sejak pendudukan kolonial tersebut, dulunya memiliki diameter 4 X 5 meter. Ini pula yang kemudian membuat sumur ini diberi nama Sumur Gede. Kini, sumur tersebut sudah dipugar, dan tampak seperti sumur pada umumnya.

Konon, sumur ini terbentuk dari pencarian seorang nenek-nenek yang kehausan, hingga diberilah air oleh warga setempat dengan wadah daun pisang. Sisa air beserta wadahnya, dibuang di lokasi Sumur Gede. Selain mitos tentang terbentuknya, Sumur Gede Keramat Kalideres juga memiliki kasiat tersendiri, yang hingga kini masih hidup di tengah warga.

Salah satunya adalah tentang cerita, jika dulunya anak-anak kampung yang akan bersunat, dimandikan terlebih dahulu di sumur ini. Dari cerita warga, meski zaman dulu, proses sunat dijalani tanpa proses bius, tapi tak ada rasa sakit. Utamanya  ketika dimandikan terlebih dahulu di sumur ini.

Seiring perputaran zaman, Sumur Gede Keramat Kalideres masih memiliki sejumlah mitos, yang membuat banyak orang datang ke sana untuk mandi, atau sekedar meminum airnya. Dari mitos ampuh untuk menyembuhkan penyakit, hingga mitos tentang enteng jodoh, sudah tak asing lagi bagi warga sekitar.

Namun sayang, sumur dengan diameter sekira 2 meter ini sekarang kondisinya kering. sumur ini juga ditutup dengan besi untuk menghindari warga yang tercemplung ke dalam sumur tua itu. Menurut salah satu
keturunan pemilik sumur gede keramat, sumur itu kini berada tepat di depan sebuah saung yang digunakan warga sebagai pos RT.

“Sekarang lagi musim kemarau emang kering, tapi nanti kalau udah ada hujan sekali aja bakalan ada lagi ini airnya. dalamnya ini sekitar tujuh meteran,” katanya,  menceritakan kondisi Sumur Gede Keramat. Meski telah berusia ratusan tahun namun marta menyebut tidak pernah ada kejadian mistis yang dialami warga di tempat ini.

“Alhamdulilah enggak pernah ada kejadian apa-apa disini. Cuma kalau misalkan kita tebang pohon serut yang ada disamping sumur ini tanpa izin, baru dah biasanya pada meriang orangnya. Jadi yang nebangnya ini harus keluarga saya enggak boleh orang lain,” tambahnya. (SP)

Related posts

Bus Rombongan Tamu Pernikahan Jatuh ke Jurang, Puluhan Penumpang Tewas

Ester Minar

Gisella Anastasia Pamer Pacar Baru

Ester Minar

TNI AL Ajak 48 Negara untuk Latihan Non-perang Pada Juni 2023

Ester Minar

Leave a Comment