suryapagi.com
NEWSREGIONAL

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Sumber Air Minum Dengan Biaya Rp 836 Miliar

SPcom KALTIM – Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Sepaku Semoi, Kalimantan Timur, hari ini (4/6/2024). Bendungan ini selesai dibangun setelah dikerjakan selama 4 tahun sejak 2020.

“Bendungan ini menelan biaya Rp 836 miliar yang nantinya ini akan memiliki daya tampung 16 juta meter kubik dengan luas genangan 322 hektar,” kata Jokowi dalam sambutannya, Selasa (4/6).

Ia mengatakan, kehadiran Bendungan Sepaku Semoi akan menjadi sumber daya air baku untuk IKN.

“Akan jadi sumber air baku bagi air minum di Ibu Kota Nusantara dan sebagian untuk Kota Balikpapan,” ujarnya.

“Dan dengan mengucap bismillahirahmanirahim saya resmikan Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur,” katanya.

Sejauh ini kebutuhan air bersih IKN disalurkan dari intake Sungai Sepaku. Namun nantinya akan ada tambahan pasokan dari Bendungan Sepaku Semoi, dengan kekuatan sama 300 liter per detik, yang saat ini belum diresmikan pemerintah.

Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi dikerjakan dengan skema kontrak tahun hingga tahun 2023, dengan biaya senilai Rp 556 miliar oleh kontraktor pelaksana PT Brantas Abipraya, PT Sacna, dan PT BRP (KSO).

Bendungan ini merupakan bendungan tipe urugan tanah homogen dengan kapasitas tampung 10,6 juta meter kubik dan luas genangan 280 hektar.

Selain untuk penyediaan air baku, Bendungan Sepaku Semoi juga memiliki manfaat untuk mereduksi banjir sebesar 55,26 persen, sumber air irigasi untuk meningkatkan sektor pertanian, serta potensi sebagai destinasi wisata baru. (SP)

Related posts

Polda Kaltim Bongkar Praktik Penambangan Ilegal di Kukar

Sandi

Bangun Tanggul Senilai Rp 230 Juta, Kades Kalbang: Saya Kurang Paham

redaksi

KPU Resmi Terbitkan PKPU Pilkada 2024, Pencoblosan Digelar 27 November

Ester Minar

Leave a Comment