suryapagi.com
NEWSREGIONAL

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Pamukkulu Senilai Rp 1,6 Triliun

SPcom TAKALAR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Pamukkulu di Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan (Sulsel).
Jokowi mengatakan, pengelolaan air dilakukan agar air tidak dibiarkan langsung masuk ke sungai dan terus ke laut.

Sebab pemerintah menyiapkan pembangunan Bendungan Pamukkulu. Bendungan ini sudah dibangun sejak 2017, memiliki daya tampung 82 juta m3/detik, dengan luas genangan 460 hektar.

“Ini adalah bendungan yang besar dan menghabiskan biaya yang juga sangat besar sekali Rp 1,6 triliun,” ujar Jokowi, Jumat (5/7).

Jokowi menambahkan, Bendungan Pamukkulu akan memiliki banyak manfaat. Seperti untuk penyediaan air baku, pembangkit tenaga listrik, mengurangi debit banjir, dan yang paling penting adalah untuk irigasi persawahan.

Seperti diketahui, Bendungan Pamukkulu mempunyai ketinggian 66,50 meter dan lebar 8 meter yang dikerjakan oleh PT Wijaya Karya (Persero) dan PT Daya Mulia Turangga (KSO) untuk paket 1 dan PT Nindya Karya Wilayah V-PT Virama Wilayah untuk paket 2.

Bendungan ini mempunyai daya tampung efektif sebesar 77,62 juta m3/detik, mensuplai air untuk irigasi seluas 6.150 ha yaitu untuk daerah irigasi Pamukkulu dengan indeks pertanian di Kabupaten Takalar dari 150% menjadi 250% dengan pola tanam padi palawija.

Selain itu, bendungan ini juga bisa untuk pengendalian banjir, pembangkit listrik tenaga air, serta tak kalah pentingya yaitu untuk mendongkrak Pariwisata di Kabupaten Takalar.

Bendungan Pamukkulu mengalir ke daerah irigasi Pamukkulu yang memiliki 19 saluran terdiri dari irigasi primer sepanjang 16,68 km dengan lebar 1 meter – 7 meter.

Saluran primer tersebut terkoneksi dengan saluran suplesi dan sekunder Cakura, saluran suplesi Jenemarung, dan Saluran primer Jenemarung kanan. (SP)

Related posts

Anies: Malam Takbiran Kali Ini, Jalanan Jakarta Kondusif

Ester Minar

Penyelundupan 220 Kg Ganja Berhasil Digagalkan Oleh BNN Jawa Barat

Ester Minar

Ditemukan Mayat Perempuan Dalam Karung Dengan Kondisi Mengenaskan

Ester Minar

Leave a Comment