suryapagi.com
NEWSPOLITIK

Pemerintah Beri Izin Ormas untuk Kelola Tambang, Megawati: Makan Tuh Tambang!

SPcom JAKARTA – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri mengkritik pemberian izin usaha pertambangan (IUP) oleh pemerintah untuk organisasi kemasyarakatan atau ormas agama yang memicu polemik belakangan ini.

Menurutnya, pemerintah menjadi tak fokus menghadapi ancaman krisis pangan akibat tambang itu.

“Urusan tambang aja sekarang orang pada heboh, maunya nyari tambang, nyari tambang. Saya tuh sampai bilang sama teman-teman, makan noh tambang iku. Nanti kalau udah enggak ada beras, terus piye?” kata Megawati, Selasa, 30 Juli 2024.

Presiden kelima RI itu meminta pemerintah menaruh perhatian terhadap potensi krisis pangan Indonesia di masa mendatang. Dia membandingkan Indonesia dengan negara lain yang sudah mempersiapkan diri menghadapi krisis pangan.

Megawati mengungkap langkah negara lain dalam menanggulangi krisis pangan turut mempengaruhi pangan Indonesia yang masih mengandalkan impor pangan.

“Negara-negara yang impornya atau ekspor beras itu juga ketar-ketir. Jadi, mereka kemungkinan mungkin tahan karena buat negara mereka. Nah, kita terus mencarinya ke mana?” ucapnya.

Megawati juga mengingatkan raykat Indonesia agar waspada untuk menghadapi krisis pangan dengan menyiapkan pangan alternatif pengganti beras.

“Kalau nanti enggak ada, jangan pikir loh mau impor, impornya juga ditahan,” ujarnya.

Sebelumnya, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk memberi izin tambang bagi ormas keagamaan, yakni Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Pengurus Pusat Muhammadiyah, menyatakan akan menerima izin tambang tersebut. (SP)

Related posts

Pasangan Suami Istri Ditemukan Tewas Terbakar Dengan Keadaan Berpelukan

Ester Minar

Gunung Semeru Erupsi Hingga 700 Meter di Atas Puncak

Ester Minar

11 Kepala Daerah Gugat ke MK Minta Pilkada 2024 Digelar Dua Gelombang

Ester Minar

Leave a Comment