suryapagi.com
NASIONALNEWS

Puan Maharani Bicara Pentingnya Akses Vaksin Covid-19 di Pertemuan MIKTA

SPcom JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan pentingnya seluruh negara di dunia mendapatkan akses terhadap vaksin Covid-19.

Hal itu disampaikan Puan dalam pertemuan Ketua Parlemen Mexico, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia (MIKTA), Kamis (17/12/2020).

Ketua DPR hadir kali ini hadir pada pertemuan daring 6th MIKTA Speakers Consultation yang bertema ‘Complex Challenges and Parliamentary Leadership in a Pandemic Era’. Pertemuan dihadiri para Ketua Parlemen negara MIKTA.

Pertemuan membahas 2 isu pokok terkait tantangan Parlemen di masa pandemi, dan kepemimpinan Parlemen untuk membantu kelompok rentan. MIKTA merupakan kumpulan negara-negara middle power dari kawasan berbeda, yang memiliki pendekatan konstruktif dalam penyelesaian masalah global.

Dalam pertemuan virtual itu, Puan menyampaikan bahwa MIKTA harus menjadi kekuatan positif mendorong ketersediaan akses vaksin yang terjangkau.

“Banyak negara berkompetisi untuk mendapatkan akses terhadap vaksin. Memenuhi kebutuhan vaksin dalam negeri merupakan hal yang utama, namun hal ini tidak sepatutnya dilakukan dengan mengorbankan negara lain,” ungkap Puan.

Puan melanjutkan, memenuhi kebutuhan domestik, dan membagi akses vaksin bagi semua negara, harus dapat dilakukan bersamaan. Ia mendorong MIKTA mendukung inisiatif multilateral dalam pembuatan vaksin, yang menjamin alokasi yang adil dan merata.

“Jika dunia ingin selamat dari pandemi, maka seluruh negara di dunia harus memiliki akses terhadap vaksin. Kita akan selamat jika setiap orang di dunia juga selamat,” ujar alumni Fisip Universitas Indonesia tersebut.

Selanjutnya, Puan meminta MIKTA menjadi bagian dari solusi dengan mendukung upaya memperkuat arsitektur kesehatan global, termasuk dengan meningkatkan kapasitas antisipasi menghadapi krisis kesehatan dan pandemi di masa depan.

“Covid-19 dapat menjadi wake-up call bagi kita semua. Karena pandemi telah mengekspos kelemahan sistem kesehatan global dan nasional,” ungkapnya.

Puan mengingatkan akan pentingnya membangun resiliensi sistem kesehatan nasional. Dalam masa globalisasi ini, jika satu negara terkena wabah penyakit, maka dengan mudah akan menyebar ke negara lain.

“Karenanya kita perlu memperkuat resiliensi sistem kesehatan nasional yang merupakan dasar kuatnya tata kelola kesehatan global,” tandasnya.(Timiyadi)

Related posts

Bejat! Calon Pastur Cabuli 7 Siswa SMP

Ester Minar

Pura-pura Beli Obat Penenang, Residivis Rampok Klinik

Ester Minar

Wanita Pengendara Motor Tewas Ditabrak Moge Saat Sunmori

Ester Minar

Leave a Comment