Buang Sampah ke Serang, Pemkot Tangsel Dibebani Rp 175.000 Per Ton

0 17

SPcom TANGSEL – Biaya kerjasama pengelolaan sampah antara Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan dengan Pemkot Serang telah diatur. Per hari, Tangsel akan mengirimkan 400 ton sampah ke Serang.

Pansus Kerjasama Pengelolaan Sampah yang dibentuk DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Muhammad Aziz mengungkapkan, rencana tipping fee di dalam draft perjanjian kerjasama (PKS) Rp 175.000 per ton.

“Untuk biaya tipping fee rencananya sebesar Rp 175.000 per ton,” katanya, Selasa, (9/2/2021).

Ia mengungkapkan, berdasarkan kunjungan pansus ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang, kerjasama ini sangat diperlukan. Karena saat ini ketinggian sampah di TPA Cipeucang telah mencapai 16 meter.

“Maka pansus kerjasama daerah dengan daerah lain, dalam hal pengelolaan sampah yang ada di Tangsel, meminta ke DLH untuk segera melengkapi syarat-syarat PKS. sesuai dengan Permendagri No 22 Tahun 2020,” tandasnya.

Azis menjelaskan, pihaknya akan mempertanyakan biaya bantuan keuangan bersifat khusus untuk pengadaan prasarana dan sarana TPSA Cilowoong senilai Rp 17,9 miliar.

“Itu yang kita bahas dan kita tanyakan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel,” tandasnya

Diketahui, sampai saat ini rencana pembuangan sampah ke Kota Serang TPA Cilowong masih dalam bentuk draf atau rancangan PKS. Dalam draft tersebut tidak tercantum besaran Tipping fee yang harus dikeluarkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)Kota tangsel. (Kor)

Leave A Reply

Your email address will not be published.