suryapagi.com
KESEHATANRAGAM

Kurma Hanya Boleh Dikonsumsi Dua Buah Sehari Bagi Penderita Diabetes

SPcom JAKARTA – Kurma merupakan buah yang rasanya manis dan tinggi akan kandungan gula. Oleh sebab itu ada aturan konsumsi kurma bagi penderita diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh kadar gula (glukosa) dalam darah terlalu tinggi.

Orang dengan diabetes yang tinggi harus membatasi asupan gula tidak lebih dari 25 gram sehari. Termasuk gula dalam nasi, minuman, dan kudapan.

Ahli Gizi Samuel Oetoro mengatakan, dalam 100 gram kurma kering yang beredar di pasaran biasanya memiliki 285 kalori, 50-75 gram karbohidrat, dan 5-7 gram serat. Kurma kering juga mengandung protein, antioksidan, vitamin, dan mineral yang baik bagi tubuh.

Meski tinggi karbohidratnya, kandungan fruktosa (gula alami) dalam kurma kering lebih tinggi dari kandungan glukosanya. Kurma juga mengandung serat yang memperlambat proses penyerapan karbohidrat, sehingga gula darah tidak langsung melonjak setelah satu asupan.

Meski banyaknya nutrisi dalam buah kurma, penderita diabetes yang tinggi harus tetap membatasi konsumsi kurma. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan orang dengan diabetes saat akan mengonsumsi kurma.

1. Konsumsi kurang dari 2 buah

Dokter spesialis penyakit dalam, Rudy Kurniawan mengatakan, penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi kurma terbatas, tidak lebih dari 2 buah kurma sehari. Pasalnya, penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi glukosa lebih dari 25 gram. Sementara dalam 100 gram kurma kering (5-7 buah) mengandung 75 gram karbohidrat. Konsumsi kurma yang dianjurkan bagi penderita diabetes tidak lebih dari 2 buah atau sekitar 20 gram karbohidrat, bergantung pada jenis kurma dan besar kurma itu sendiri.

2. Tidak dibuat jus

Dua butir kurma sebaiknya dikonsumsi langsung dan tidak diolah menjadi jus atau sari kurma. Pengolahan tersebut dapat menurunkan atau menghilangkan kadar serat, sementara kadar karbohidratnya tetap. Serat dibutuhkan oleh penderita diabetes untuk memperlambat proses penyerapan karbohidrat dalam tubuh.

3. Tidak dikonsumsi sekaligus

Penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi buah kurma sekaligus dalam satu waktu. Menurut Rudy, orang dengan diabetes bisa “menyicil” konsumsi buah kurma, misalnya dalam selang waktu sejam setelah makan satu butir kurma. Setelah makan kurma, penderita diabetes juga sebaiknya tidak mengonsumsi minuman yang tinggi gula, dan memperbanyak minum air putih. (Sp)

Related posts

Kalina Oktarani Bantah Terlantarkan Sang Ibunda

Ester Minar

Jenita Janet Beberkan Harapannya Bersama Suami di Tahun 2023

Ester Minar

Paranormal Mbak You Meninggal Dunia

Ester Minar

Leave a Comment