suryapagi.com
NEWS

Pendaftaran PPDB Jakarta 2023 Hari Pertama Tembus 109 Ribu Siswa

SPcom JAKARTA – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023 dibuka secara online oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta dari 12 Juni sampai 7 Juli 2023. Inspektorat Pemprov DKI Jakarta, Syaefuloh mengaku sempat memantau proses pendaftaran PPDB DKI Jakarta 2023 di Dinas Pendidikan.

“Alhamdulillah tadi pagi saya sudah memantau proses PPDB dimulainya pada pukul 08.00 WIB dan pada pukul 09.00 WIB sudah ada 109.000 pendaftar. Alhamdulillah PPDB Jakarta berjalan dengan lancar,” katanya di Dinas Pendidikan, Senin (12/7).

Syaefuloh menjelaskan penerimaan PPDB 2023 di jenjang SD disediakan 92.716 kursi, SMP 70.207 kursi, SMA 27.932 kursi dan SMK 19.379 kursi. Menurutnya, ada empat jalur pendaftaran PPDB Jakarta yaitu pertama melalui jalur siswa prestasi untuk siswa jenjang SMP sampai SMK.

“Jalur ini diperuntukkan untuk adik-adik kita para peserta didik yang berprestasi, baik itu dari sisi akademik maupun non akademik,” tuturnya, sepert dilansir wartakota.com.

Kemudian, jalur kedua adalah afirmasi untuk peserta didik yang mengalami keterbatasan seperti difabel dan anak-anak panti asuhan.

Selain itu, peserta didi yang berasal dari keluarga tidak mampu yang tercantum dalam KJP dan DTKS bisa masuk dalam kategori afirmasi.

Ketiga, adalah jalur zonasi sesuai dengan peraturan Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud). Jalur ini bisa dimanfaatkan oleh para siswa yang ingin sekolahnya dekat dari rumah.

“Oleh sebab itu dalam jalur zonasi, DKI menggunakan pendekatan yang pertama adalah kita prioritaskan untuk peserta didik yang satu RT dengan sekolah,” ungkapnya.

Keempat adalah jalur orang tua pindah kota yang artinya dari daerah ke Jakarta dan peserta didik mendapatkan kesempatan untuk ikut PPDB. Ia memastikan proses penerimaan PPDB ini dilakukan secara transparan dan akuntable.

“Jika pun ada kesulitan bapak ibu bisa mengunjungi atau datang atau menghubungi posko-posko yang telah kami sediakan,” ungkapnya. (SP)

Related posts

Main Game PUBG Haram, Gubernur Aceh: Masih Banyak Anak Muda Main PUBG!

Ester Minar

Lagi, Angkat Besi Sumbang Medali Perunggu Lewat Erwin Abdullah

Ester Minar

Satgas KLHK Tangkap Perusak Hutan Mangrove, Terancam 10 Tahun Bui

Ester Minar

Leave a Comment