suryapagi.com
NEWSTNI

7 Pesawat Tempur F-16 Milik TNI AU Rampung Dilakukan Modernisasi

SPcom JAKARTA – Sebanyak tujuh pesawat tempur F-16 milik TNI Angkatan Udara (AU) rampung dilakukan modernisasi melalui program Falcon Star-Enhanced Mid Life Update (eMLU). Skadron Teknik (Skatek) 042 Lanud Iswahjudi, Magetan, ditugasi menjadi skadron yang melakukan modernisasi F-16.

Komandan Skadron Teknik (Danskatek) 042 Letkol (Tek) Andi Sukmawan mengatakan, tujuh pesawat F-16 telah rampung melakukan modernisasi dari target 10.

“Jadi prosesnya ini sudah tujuh pesawat, dari 10. Kemudian dari proses transfer teknologinya juga berjalan sesuai harapan,” kata Andi saat ditemui di lokasi Skatek 042, Magetan, Jawa Timur, Rabu (23/8).

Adapun program Falcon Star-eMLU dilakukan sejak 2018 dan bekerja sama dengan pabrikan asal Amerika Serikat, Lockheed Martin, sebagai pemasok suku cadang. Pantauan di lokasi,sejumlah teknisi dari Skatek 042 tampak membongkar tiga pesawat F-16 yang sedang di-modernisasi.

Danskatek 042 mengatakan, proses modernisasi satu pesawat F-16 bisa memakan waktu hingga satu tahun.

“Kalau untuk satu pesawat dalam arti full satu pesawat, estimasi kami bisa sampai 1 tahun. Karena kami memang mengerjakannya satu-satu. Jadi kami model pengerjaannua secara paralel,” kata Andi, seperti dilansir kompas.com.

Dilansir dari laman TNI AU, program Falcon Star eMLU bisa meningkatkan kemampuan berupa service life pesawat. Selain itu, kemampuan avionic serta persenjataan pesawat juga meningkat secara signifikan.

Program ini memberikan benefit lain, yakni peningkatan kemampuan SDM, khususnya kemandirian para teknisi dalam melaksanakan pemeliharaan hingga tingkat berat dan bahkan sampai factory level. (SP)

Related posts

Kodiklat TNI AD Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an 1442 H

Sandi

Suami Tenggak Racun Hingga Tewas Setelah Bunuh Istri

Ester Minar

Bus Jamaah Umrah Kecelakaan, 2 Tewas

Ester Minar

Leave a Comment