suryapagi.com
NASIONALNEWS

Wapres Resmikan Masjid Syarif Abdurachman Cirebon Didampingi KSAD

SPcom JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Ma’ruf Amin didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman meresmikan Masjid Syarif Abdurachman, di Kompleks Pemakaman Sunan Gunung Jati, Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (25/8/2023).

Dalam sambutannya Wapres menyampaikan apresiasi dan rasa bahagianya atas pembangunan masjid yang digagas Jenderal TNI Dudung Abdurachman ini.

Ia juga mengatakan bahwa pembangunan sarana ibadah di Indonesia, umumnya dilakukan dengan cara yang baik dan mencerminkan budaya setempat.

“Mari kita makmurkan masjid ini. Saya sangat bahagia bahwa masjid ini dibangun dengan kearifan lokal, sesuai dengan budaya di Cirebon,“ puji Wapres.

Sementara itu, Dudung menjelaskan bahwa dibangunnya masjid ini merupakan cita-citanya sejak lama. Terkait penamaan Masjid Syarif Abdurachman ini, namanya terinspirasi dari nama Ulama Besar Islam yang menyebarkan agama Islam di Indonesia.

“Ini merupakan suatu kebanggaan dan kebahagiaan bagi saya. Nama Masjid Syarif Abdurachman diambil dari nama dua ulama besar yaitu Syech Maulana Syarif Hidayatullah dan Syech Abdurachman. Karena saya juga keturunan Syech Maulana Syarif Hidayatullah dan juga Syech Abdurachman. Nah… Dudung Abdurachman berarti cucunya. Jadi saya gabungkan menjadi Syarif Abdurachman,“ jelasnya.

Masjid ini berdiri di atas lahan seluas 2,8 hektar. Dengan luas bangunan masjid 1.200 meter persegi, serta dapat menampung 1.700 orang jamaah.

Arsitektur masjid ini mengadopsi ciri khas kesultanan Cirebon, dan peletakan batu pertama pembangunan masjid ini dilakukan oleh Kasad pada tanggal 24 Mei 2022. Masjid ini nanti akan dihibahkan kepada negara melalui Korem 063/Sunan Gunung Jati, dan akan dikelola oleh pihak Korem 063/SGJ.

Hal menarik dari pembangunan Masjid Syarif Abdurachman ini yaitu perancang arsitektur masjid yakni Brigjen TNI I Nengah Wiraatmaja, yang beragama Hindu.

Related posts

108 Kg Sabu Asal Malaysia Disita Polisi, Dua Narapidana Terciduk Memesan Sabu

Ester Minar

Imigrasi Ambil Jalur Hukum Atas Munculnya Aplikasi e-VOA Palsu

Ester Minar

Viral! Kurir Cekcok Dengan Satpam Gegara Bendera Palestina

Ester Minar

Leave a Comment