suryapagi.com
NEWSREGIONAL

Warga Nekat Bakar Kotak Surat Suara-Rusak TPS Saat Perhitungan Suara

SPcom BIMA – Sejumlah warga Kecamatan Parado, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), nekat merusak dan membakar sejumlah kotak suara, Rabu (14/2/2024) malam. Peristiwa itu terjadi saat proses penghitungan suara berlangsung di semua TPS untuk calon anggota legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Bima.

Diduga warga merusak dan membakar kotak suara karena perolehan suara caleg lokal yang berasal dari Kecamatan Parado tak sesuai harapan.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima, Junaidin membenarkan adanya kejadian perusakan TPS dan pembakaran kotak berisi surat suara tersebut. Namun pihaknya belum mengetahui jelas kronologi kejadian karena masih dalam proses pendalaman.

Sementara itu, warga Desa Parado Rato, ABD menyampaikan, kejadian tersebut berawal saat sekelompok warga mendatangi sejumlah TPS pada Rabu (14/2/2024) sekitar pukul 23.00 Wita.

Mereka tiba-tiba merusak sejumlah TPS yang ada di desa-desa di Kecamatan Parado, seperti Desa Parado Rato, Kuta, Kanca, Parado Wane hingga ke pelosok Desa Lere.

“Ada sekelompok orang tidak dikenal datang menyerbu seluruh TPS, mulai dari Desa Parado Wane terus ke Parado Kuta, Kanca sampai di pelosok Lere,” kata ABD, Kamis (15/2/2024).

ABD mengatakan, perusakan dan pembakaran kotak berisi surat suara itu terjadi saat proses penghitungan berlangsung di TPS.

Dugaannya warga kesal karena perolehan suara untuk lima caleg lokal dari Kecamatan Parado kecil.

“Harapan kami bersama orang di Parado itu harus ada yang duduk di DPRD, karena selama ini belum ada,” katanya lagi.

ABD mengaku menyaksikan langsung ratusan warga tersebut merusak dan membakar kotak suara dari salah satu TPS di Desa Parado Rato, Namun ia tak berani mendekat karena masa membawa senjata tajam.

“Saya melihat dari kejauhan saja, tidak berani mendekat karena orang keluar pakai parang semua,” kata ABD. (SP)

Related posts

Dilarang Masuk Bogor Jika Bukan Warga Jabodetabek, Meski Bawa Surat Rapid Antigen Negatif

Ester Minar

Direktur PDAM Cabuli Siswi SMA, Walikota Solo Ambil Tindakan Tegas

Ester Minar

Mayat Bayi Dibuang di Dalam Gerobak Sampah

Ester Minar

Leave a Comment