suryapagi.com
EKONOMINASIONALNEWS

Heboh! Uang Kertas Baru Bergambar Sri Mulyani, BI: Hoaks!

SPcom JAKARTA – Narasi mengenai uang kertas emisi terbaru bergambar Menteri Keuangan Sri Mulyani, viral di media sosial. Uang tersebut diklaim mulai dapat dipakai saat Lebaran 2024.

Informasi soal uang kertas emisi terbaru bergambar Sri Mulyani disebarkan oleh beberapa akun Facebook.

“Bakal ada uang baru tahun ini,” tulis salah satu akun, pada Senin (18/3/2024).

Semua akun mengunggah gambar yang sama, menampilkan uang pecahan Rp 1.000 berganti warna menjadi hijau dengan gambar Sri Mulyani.

Uang Rp 50.000 menjadi Rp 50 berwarna abu-abu dan uang Rp 100.000 menjadi Rp 100 dengan warna merah. Berikut teks yang tertera pada gambar: Uang kertas emisi terbaru udah bisa di pakai saat Lebaran

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim membantah informasi mengenai uang kertas emisi terbaru.

“Hoaks unggahan itu. Gambar sebelah kanan tidak benar, sementara gambar kiri adalah uang emisi 2016,” kata dia, Senin (18/3/2024),

Uang emisi terakhir yang diterbitkan BI yakni uang kertas TE 2022, dengan masih menggunakan tiga angka nol di belakang nominal pecahannya.

“Uang baru adalah uang emisi tahun 2022 dan gambar sebelah kanan adalah tidak benar (hoaks),” ujar Marlison. Untuk pecahan Rp 1.000, BI menampilkan tokoh pahlawan nasional Tjut Meutia sebagai gambar utama.

BI menegaskan, uang kertas emisi terbaru bergambar Sri Mulyani yang bisa dipakai saat Lebaran adalah hoaks.

Uang kertas terbaru yang diterbitkan BI yakni uang kertas TE 2022. Nominal Rp 1.000 menampilkan tokoh pahlawan Tjut Meutia sebagai gambar utama. (SP)

Related posts

Pangdam Ingatkan Istri Prajurit TNI: Hati-hati Bermedsos!

Ester Minar

Kakak Beradik Dibunuh Dengan Sadis, Mayat Dibuang ke Sumur

Ester Minar

Sah! Polri Kembali Lanjutkan Kasus Chat Mesum Rizieq-Firza

Sandi

Leave a Comment