suryapagi.com
NEWS

Antisipasi 193 Juta Pemudik, Menhub Resmikan Posko Angkutan Lebaran Terpadu

SPcom JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2024-1445 H, yang akan dibuka selama periode mudik lebaran pada 3-18 April 2024, di Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu berlokasi di Gedung Mataram Kantor Kementerian Perhubungan.

Budi menjelaskan berdasarkan survei terkini, jumlah masyarakat yang mudik diprediksi mengalami lonjakan menjadi 193 juta.

“Pelaksanaan posko angkutan lebaran 2024-1445 H dengan ini resmi saya nyatakan dibuka,” kata Budi saat membuka posko sekaligus memimpin rapat koordinasi di Kantor Kemenhub, Rabu (3/4/2024).

“Tentu sudah mendengar tentang survei di mana 71% dari masyarakat akan melakukan perjalanan mudik atau ekuivalen dengan 193 juta. Dapat saya sampaikan angka ini InsyaAllah sahih dan kenaikan yang tinggi dari tahun lalu dicatat 123,8 juta,” sambungnya.

Budi menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak terkait yang menyukseskan kegiatan mudik lebaran tahun ini.

Ia lantas mengingatkan arahan Presiden Joko Widodo agar seluruh stakeholder terkait dapat melayani masyarakat dengan memastikan mudik berjalan aman dan nyaman.

“Kita tentu berusaha berbuat yang terbaik sebagaimana yang disampaikan oleh Pak Presiden bahwa kita harus layani masyarakat dan sekiranya kita semua stakeholder mendukung amanah bapak presiden Jokowi. Oleh karena itu kita usung mudik ceria, penuh makna yang tahun ini kita harap menjadi mudik aman, nyaman selamat dan berkesan,” ujarnya.

Secara khusus, Budi meminta agar para stakeholder terkiat menampilkan performa realtime kondisi di lapangan kepada masyarakat. Sehingga memudahkan koordinasi di lapangan.

“Posko kita laksanakan tanggal 3 sampai 18 April 2024. Secara khusus saya minta stakeholder menampilkan performa realtime dari masyarakat, katakan Jasa Marga, KAI, ASDP, juga para dirjen menampilkan real time sehingga apabila wartawan atau kita ingin ketahui kondisi di lapangan kita dapat berkoordinasi dengan baik,” terangnya.

Sementara Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno mengatakan kegiatan posko angkutan lebaran terpadu 2024 hari ini dihadiri oleh 500 peserta terdiri atas 50 peserta aluring dan 450 peserta daring. Nantinya, posko akan beroperasi dalam dua shift, yaitu pukul 08.00-20.00 WIB dan pukul 20.00-08.00 WIB.

“Dalam menyelenggarakan posko dimulai tanggal 3 sampai 18 April 2024. Rencana penutupan 19 April 2024,” jelasnya.

Posko terpadu terdiri dari berbagai stakeholder terkait, antara lain Korlantas Polri, Basarna, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Pusdatin, Itjen Perhububungsm Darat, Udara, Laut, Perkeretaapian, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Jasa Marga, ASTRA Infra Tol Nusantara, Jasa Raharja, ASDP Ferry, KAI, Pelni, Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, Lerum LPPO Airnav, Polri, dan sebagainya.

“Salah satu tujuan terbentuknya posko ini adalah melaksanakan pemantauan transportasi serta lebih memantapkan koordinasi kolaborasi antar petugas stakeholder sebagai upaya mewujudkan keadaan mudik ceria, mewujudkan keselamatan, keamanan, kenyamanan, ketertiban dan kelancaran,” imbuhnya. (SP)

Related posts

Mahkamah Agung Hukum Mati Yulianto, Kasus Pembunuhan Berseri

Ester Minar

Mayat Perempuan Membusuk di Pulau Berhala

Ester Minar

Novel Soleh Halabi Siap Tidak Terima Gaji, Tunjangan, dan Hentikan Sistem Zonasi Dalam PPDB

Rasid

Leave a Comment