suryapagi.com
HEADLINENEWS

Viral, Korupsi 200 Triliun Crazy Rich Vietnam  Divonis Hukuman Mati  

Hukuman mati yang dijatuhkan untuk Truong My Lan oleh Pengadilan Vietnam dilakukan dengan mempertimbangkan tekad Partai Komunis untuk menindak tegas korupsi

SPcom JAKARTA – Viral di sosial media sosok Truong My Lan, Crazy Rich asal Vietnam, yang dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan di kota Ho Chi Minh, Vietnam lantaran terbukti melakukan penipuan dan korupsi sebesar 12,5 miliar Dolar AS atau setara dengan 200 Triliun Rupiah.

Perempuan 68 tahun yang juga menjabat sebagai dewan direksi perusahaan real estate itu, divonis bersalah atas pelanggaran peraturan pinjaman bank, penggelapan aset dan suap yang merupakan kasus  korupsi keuangan terbesar yang pernah terjadi bukan hanya di Vietnam, tetapi juga di kawasan Asia Tenggara.

Hukuman mati yang dijatuhkan untuk Truong My Lan oleh Pengadilan Vietnam dilakukan dengan mempertimbangkan tekad Partai Komunis untuk menindak tegas korupsi. Truong My Lan yang merupakan Ketua Grup Van Thinh Phat ditangkap pada 2022 lalu. Ia menghadapi dakwaan termasuk penyuapan terhadap pejabat pemerintah dan pelanggaran aturan pinjaman bank.

Adapun, kasus utama yang menjeratnya adalah penggelapan dana dari Saigon Commercial Bank yang terjadi antara Februari 2018 dan Oktober 2022. Berdasarkan hukum acara pidana Vietnam, Lan berhak mengajukan banding atas putusan Pengadilan Rakyat Kota Ho Chi Minh dalam waktu 15 hari.

Selain hukuman mati, pengadilan juga menjatuhkan hukuman 20 tahun penjara masing-masing atas dua tuduhan lainnya, yaitu melanggar peraturan perbankan dan menawarkan suap. Tak hanya itu, Lan juga diharuskan membayar kompensasi sekitar 674 triliun dong (US$27 miliar) atau lebih dari dua kali lipat jumlah $12 miliar yang diterimanya karena menipu Bank Komersial Saigon. (SP)

Related posts

Heboh! Pengunjung Taman Impian Jaya Ancol Direkam Saat Mandi Oleh Karyawan

Ester Minar

Oknum TNI dan Polri Ditangkap BNN, Barang Bukti 3 Ton Narkoba

Ester Minar

Ganjil Genap Ditiadakan Selama Libur Lebaran 19-25 April 2023

Ester Minar

Leave a Comment