suryapagi.com
NEWSREGIONAL

Viral! Ditipu Jasa Open Trip, Ratusan Pendaki Gunung Rinjani Dipaksa Turun

SPcom LOMBOK TIMUR – Sebanyak 103 pendaki Gunung Rinjani di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) dipaksa turun lantaran tidak memiliki Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (Simaksi). Usut punya usut, ternyata seratusan pendaki ini merupakan peserta open trip (OT).

Mereka diduga menjadi korban penipuan jasa OT sehingga telantar dan tidak diperkenankan masuk karena tak punya tiket online.

Video para pendaki dipaksa turun sambil diberikan edukasi ini viral di media sosial. Salah satunya diunggah oleh akun Instagram @rinjanisamalasindonesia. Disebutkan lokasi kejadian di Pos 2 Jalur Pendakian Sembalun Lawang, Gunung Rinjani, Minggu (14/4/2024).

“Info dari Kepala Resort Sembalun tgl 14 april 2024, sebanyak 103 pendaki dicegat di pos 2 jalur Sembalun dan diarahkan kembali keluar kawasan TNGR karena tidak memiliki tiket masuk (tidak bisa menunjukan simaksi),” tulis akun tersebut, Rabu (17/4/2024).

Unggahan video viral ini pun menuai banyak reaksi netizen, khususnya para pendaki gunung. Mereka meminta agar nama OT tersebut diungkap sehingga tidak ada pendaki lain yang tertipu.

“Mereka bukan ilegal, sepertinya mereka hanya korban TO yg buat OT. Pandai2lah memilih jasa OT, jangan tergiur harga murah. Semoga kalian bisa segera kembali ke Rinjani secepatnya,” tulis @detriip_travel.

“Peserta OT ini kak, karena saya salah satu yg ikut di situ jadi korban,” tulis @lambang_pp

“Spill sekalian nama OT-nya biar temen² yg laen bisa waspada atau mungkin mau silaturahmi sambil ngopi,” tulis @aufgraph.

“Harusnya sebutin OT2 nya,” tulis @agus_abdilah. (SP)

Related posts

Viral ‘Standing Party’ Reporter Liputan6 Saat Pemakaman Eril

Ester Minar

Tertimpa Dahan Pohon Besar Saat Mengendarai Motor, Seorang Pelajar Meninggal Dunia

Ester Minar

Geger! Potongan Tangan Manusia Ditemukan di Toko Bangunan

Ester Minar

Leave a Comment