suryapagi.com
MISTERIRAGAM

Moseleum Van Motman Bogor, Sarat Mitos dan Kisah Mistis  

Konon, acap terlihat kemunculan sosok tak kasat mata menyerupai  wanita indo bergaun merah  di salah satu bagian Moseleum Van Motman

SPcom JAKARTA – Menjadi situs bersejarah, Moseleum Van Motman di Kabupaten Bogor, mengalirkan beragam kisah misteri. Dari jenazah sang tuan tanah dari Bogor yang diawetkan, hingga mitos tentang burung yang tiba-tiba jatuh secara misterius, saat terbang di atas salah satu makam.

Terletak di Kampung Pilar Kabupaten Bogor, Moseleum Van Motman menyimpan sejarah panjang, hingga beragam misteri yang menjadi mitos dan dikisahkan warga sehari-hari. Kawasan dengan luas sekitar 600 meter persegi itu, memiliki dua pilar sebagai pintu masuk. Selain itu ada pula 12 pilar lainnya, yang disebut sebagai makam.

Tapi sayang, kondisinya sudah rusak dan tidak ada lagi tulisan nisan di pilar-pilar tersebut. Sementara di dalam bangunan Moseleumnya, yang memiliki kubah berbentuk otagon atau sisi delapan, terdapat bagian yang disekat dua. Di tempat inilah, tersimpan 4 jenazah yang dimumikan, atau diawetkan.

Menjadi situs bersejarah dengan kondisi tampak tak terawat, Moseleum Van Motman disebut warga setempat sebagai tempat dengan daya supranatural sangat kuat. Konon, ada seorang anak yang tanpa sengaja memainkan tulang tengkorak untuk dijadikan bola. Anehnya, sang anak tiba-tiba sakit secara misterius, hingga akhirnya meninggal dunia.

Komplek pemakaman  dengan 4 makam di bagian dalam dan 33 makam di sepanjang pilar-pilarnya,  telah ada sejak beradab-abad yang lalu. Dari sumber sejarah yang bisa ditelesuri, diketahui Van motmen adalah nama keluarga dan keturunan dari Gerit Willem Casimir Van Motman, pemuda Belanda yang bergabung bersama VOC saat remaja.

Dari situ, perjalanan Gerit terus melejit hingga menjadi tuan tanah dengan lahan lebih dari 117 ribu hektar. Gerit atau yang dikenal dengan GWC meninggal tahun 1821 dan salah satu keturunannya membangun Moseleum tersebut.  

Keberadaan jenazah yang diawetkan di Moseleum Van Motman, konon dirusak saat penjajahan Jepang. Meski begitu, kesan magis dari komplek pemakaman ini, masih hidup di tengah-tengah warga hingga sekarang. Berbagai kejadian ganjil yang tak termakan logika, dikisahkan penduduk setempat hingga penjaga situs.

Tak hanya kemunculan sosok tak kasat mata berupa gadis Indo bergaun merah, di salah satu bagian Moseleum Van Motman ada mitos yang hidup hingga sekarang. Pada salah satu makam peristiwa misterius, dimana burung-burung yang terbang di atas makam itu, disebut jatuh tiba-tiba, seolah-olah menabrak dinding dan tak bisa terbang lagi. (SP)

Related posts

Dhena Devanka Sindir Ijong Soal Nafkah Anak

Ester Minar

Nadya Arifta Pamer Kebersamaan dengan Ibu Negara

Resiana

Innalillahi, Ibunda Irwansyah Meninggal Dunia Akibat Covid-19

Ester Minar

Leave a Comment