suryapagi.com
NEWSRAGAM

Ormas Diperbolehkan Kelola Tambang, PGI: Kami Tak Punya Kemampuan

SPcom JAKARTA – Ketua umum Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) Gomar Gultom menegaskan PGI masih mengkaji langkah pemerintah yang mengizinkan organisasi masyarakat (ormas) keagamaan diberikan izin tambang. Ia mengakui PGI tak memiliki kemampuan di bidang tambang dan bukan bidang pelayanan organisasi ini.

“Tapi sudah pasti bahwa masalah tambang ini bukanlah bidang pelayanan PGI dan tidak juga memiliki kemampuan di bidang ini. Ini benar-benar berada di luar mandat yang dimiliki oleh PGI,” kata Gomar, Kamis (6/6).

Gomar mengklarifikasi pernyataan sebelumnya yang telah memberikan apresiasi terhadap keputusan Presiden Jokowi memberikan izin tambang kepada lembaga keagamaan. Ia mengatakan pernyataan tersebut jangan dipahami bahwa PGI bersedia untuk ikut dalam pengelolaan tambang.

Ia menyebut lembaga keagamaan masih memiliki keterbatasan dalam hal pengelolaan tambang. Gomar lantas mengimbau kepada lembaga keagamaan untuk fokus pada pembinaan umat.

“Saya tentu menghormati keputusan lembaga keagamaan yang akan memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh Keputusan Presiden tersebut. Dalam kaitan inilah saya menyambut positif Keputusan Presiden seraya mengingatkan perlunya kehati-hatian,” kata dia.

Selain itu, Gomar juga menyinggung peran PGI kerap aktif mendampingi korban imbas usaha tambang.

“PGI jika ikut menjadi pelaku usaha tambang potensial akan menjadikan PGI berhadapan dengan dirinya sendiri kelak dan akan sangat rentan kehilangan legitimasi moral,” tambahnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memperbolehkan ormas keagamaan mengelola tambang. Hal itu dituang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2024. Peraturan itu memberi prioritas kepada ormas keagamaan untuk memiliki wilayah izin usaha pertambangan khusus (WIUPK). (SP)

Related posts

Kuota Haji sudah Tutup, Kemenag Ingatkan jangan Tertipu Tawaran Berangkat dengan Visa Non Haji

Ilham Sma15

Kecelakaan di Tol Jakarta arah Cikampek

Ester Minar

Heboh! Pria Asal Korea Selatan Bernama Chong Sung Kim Jadi Caleg DPRD

Ester Minar

Leave a Comment