Ini 6 Vaksin COVID-19 Yang Akan Digunakan Pemerintah Tahun Depan

0 24

SPcom JAKARTA – Pemerintah Indonesia telah resmi menetapkan 6 jenis vaksin yang akan digunakan dalam program vaksinasi COVID-19 mulai tahun depan.

Keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9860 tahun 2020 tertanggal 5 Desember 2020.

Enam jenis vaksin tersebut buatan PT Bio Farma, China National Pharmaceutical Group Corporation (Sinopharm), Astrazeneca, Pfizer dan BioNTech, Sinovac Biotech Ltd, dan Moderna.

Vaksin-vaksin tersebut merupakan vaksin yang masih dalam tahap pelaksanaan uji klinik tahap ketiga, atau telah selesai uji klinik tahap ketiga.

Sebelum digunakan, vaksin juga harus mendapatkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Namun Menteri Kesehatan masih berhak melakukan perubahan jenis vaksin dengan syarat mendapat rekomendasi Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional.

Pengadaan vaksin sesuai dengan jenis yang ditetapkan dibagi dua. Kebutuhan vaksinasi nasional dilakukan oleh Menteri Kesehatan, sementara vaksinasi mandiri oleh Menteri BUMN.(Sp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.