suryapagi.com
METRONEWS

DRD DKI Minta Pemprov DKI Selesaikan Pemutakhiran DTKS

SPcom JAKARTA – Dewan Riset Daerah (DRD) DKI Jakarta mendorong agar pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteran Sosial (DTKS) bisa cepat diselesaikan.

Sekretaris Badan Pekerja DRD DKI Jakarta, Sukma Widyanti mengatakan, saat ini pemutakhiran data DTKS masih sekitar 50%.

“Pemutakhiran DTKS Jakarta yang masih 50% harus dimaksimalkan hingga 100%. Sehingga program perlindungan dan jaminan sosial dapat tepat sasaran,” ujarnya, dalam rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan, Rabu (17/2/2021).

Menurutnya, intervensi prioritas dalam kondisi pandemi saat ini berada pada 2 level yaitu strukural dan kultural.

Untuk Struktural ada Akses Pendidikan/literasi, langkahnya harus bisa menurunkan angka drop out sekolah serta melakukan pendidikan vokasi bagi pemuda yang disesuaikan dengan ketersediaan lapangan kerja di industry.

“Untuk akses kesehatan, Jakarta harus mencapai 100 persen universal health coverage. Memberikan makanan dan vitamin tambahan bumil, balita, serta lansia,” ucapnya.

Kemudian, lanjutnya, adanya ketersediaan pekerjaan di sektor formal dan informal. Mempermudah izin/retribusi untuk sektor informal dan dijamin jaring pengaman sosial.

“Program untuk perempuan kepala keluarga, yang memiliki beban berlipat.
Program wirausaha untuk pemuda dalam industri kreatif sehingga agar dapat menciptakan lapangan kerja,” terangnya.

Untuk masalah lingkungan berupa sanitasi dan air bersih . Air bersih untuk pemukiman padat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu harus menjadi prioritas.

“Sementara untuk kultural, harus ada sensitifitas aparat Pemda dalam pendataan DTKS dan pemberian pelayanan bagi warga rentan. Meningkatkan Solidaritas sosial sesama warga,” tandasnya.(Sp)

Related posts

Heboh! Prabowo Tak Mau Injak Karpet Merah Istana, Diserbu Netizen

Ester Minar

Pemkot Bogor Terapkan Ganjil Genap Mulai 6 Februari 2021

Sandi

KPK Raup Hampir Setengah Miliar dari Hasil Lelang Barang Koruptor

Ester Minar

Leave a Comment