Pasar Mojorejo Akan ‘Dihidupkan’ Kembali Oleh BUMDes

0 190

SPcom KOTA BATU – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu akan mengelola bangunan pasar rakyat lama mangkrak menjadi tempat budidaya dan pasar ikan.

“Kami sudah bicarakan dengan BUMDes, dan ada usulan untuk pemanfaatan Pasar Mojorejo untuk pasar ikan. Akhirnya, kita setujui bersama atas pengelolaannya,” ujar Kades Mojorejo, Rujito, Rabu (24/2/2021).

Mengenai pelaksanaan revitalisasi pasar itu, sebenarnya sudah dilaksanakan tahun lalu setelah pengambilalihan dari Pemkot Batu. Namun anggaran baru turun Desember 2020 sehingga ditunda pengerjaannya.

“Maka pembangunan rehabilitasi pasar segera dilaksanakan pertengahan semester tahun ini. Kita sudah anggarkan 100 juta rupiah sumber anggaran dari bagi hasil pajak (BHP),” jelas dia.

Terkait proses pengambilalihan fungsi pengelolaan dari Pemkot Batu kepada Pemdes Mojorejo, diakui Rujito, sebenarnya berkas yang dimaksud mengenai pembangunan Pasar Mojorejo sudah tidak ada.

Oleh sebab itu, dia menegaskan, dikarenakan semua data dan berkas tidak ada maka pihaknya segera melakukan alih fungsi pengelolaan.

“Yang pasti, soal berkas terkait pembangunan awal Pasar Mojorejo di Pemkot Batu ternyata sudah tidak ada. Ya, kami langsung lakukan eksekusi untuk alih fungsi pengelolaan,” tegas Rujito.

Seperti diketahui, Pasar Mojorejo yang berada di Jalan Sukarno-Hatta ini terdiri dari 16 lapak yang dibangun melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) TA 2013 dengan nilai mencapai Rp 828 juta.


Pasar ini sempat dimanfaatkan hanya beberapa bulan saja, karena kondisinya sepi akhirnya pedagang gulung tikar.(tu)

Leave A Reply

Your email address will not be published.