suryapagi.com
RAGAMSELEBRITAS

Ahmad Dhani: Kalau Nggak Ada Slank, Nggak Ada Dewa 19

Ada banyak musisi dan band yang memberikan inspirasi untuk Ahmad Dhani. Ya, di antara banyak musisi dan band itu, Ahmad Dhani terinspirasi karya Slank. Tanpa Slank, Ahmad Dhani menyebutkan Dewa 19 tidak akan pernah ada di industri musik Indonesia.

“Slank itu band yang memengaruhi karya bermusik saya,” kata Ahmad Dhani di kanal YouTube Video Legend. Slank yang dibentuk pada 1983 itu awalnya sering menyanyikan lagu-lagu milik The Rolling Stones. Sejak berdiri sampai sekarang ini, Slank telah berganti 14 formasi.

Slank, sebut Ahmad Dhani, membuat Dewa 19 berani membuat demo lagu. Gara-gara Slank pula, Ahmad Dhani dan Dewa 19 percaya diri menciptakan lagu baru sendiri. Musik Dewa 19 pun dibuat tidak sama dengan musik-musik yang populer di tahun 1990-an.”Saat itu Slank adalah band pop rock yang paling sukses,” kata Ahmad Dhani.

Ahmad Dhani bahkan rela dan berani meninggalkan bangku kuliah untuk membuat demo lagu Dewa 19 yang kemudian ditawarkan ke label di Jakarta. “Kalau nggak ada Slank, nggak ada Dewa 19,” tegas Ahmad Dhani.

Selain Slank, band yang memengaruhi karya Ahmad Dhani adalah adalah KLa Project. Ahmad Dhani pertama kali mendengar lagu KLa Project yang berjudul Tentang Kita saat dudu di kelas 1 SMA pada 1988. Menurut Ahmad Dhani, lagu KLa Project ketika itu sangat kekinian.

“Waktu itu Tentang Kita lagunya modern banget, new wave banget. Lagu itu sukses banget,” ujar Ahmad Dhani. Dari KLa Project yang dibentuk tahun 1986 itu, Ahmad Dhani banyak belajar cara mengaransemen musik hingga mengisi suara latar. (Car)

Related posts

Tak Segera Bayar Ganti Rugi, Yadi Sembako Terancam Dipolisikan

Rasid

Usai Jalani Hukuman, Jeff Smith Bebas Dari Penjara

Ester Minar

NOAH dan Shakira Jasmine Rilis ‘Semua Tentang Kita’ Versi Korea

Resiana

Leave a Comment