suryapagi.com
HEADLINEMETRONEWS

Mudik Dilarang, Tempat Wisata Dibuka, Netty : Bagaimana Masyarakat Tidak Bingung?

SPcom JAKARTA – Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher mengkritik kebijakan pemerintah yang mengijinkan untuk membuka destinasi wisata namun melarang masyarakat untuk mudik.

“Kebijakan ini tujuannya apa? Kalau pelarangan mudik untuk meminimalisasi penyebaran COVID-19, kenapa destinasi wisata justru dibuka dan diperbolehkan? Hal ini akan membuat masyarakat bingung dan “membandel” untuk tetap mudik,” tandas Netty Selasa, (13/4/2021).

Netty meminta agar pemerintah konsisten dalam membuat kebijakan mengingat saat ini kasus COVID-19 Indonesia masih cukup tinggi. Data per Minggu, 11 April kasus COVID-19 di Indonesia mencapai 1.566.995 orang.

“Aneh kalau masyarakat dilarang mudik, tetapi wisata tetap dibuka. Sudah pasti masyarakat yang tidak mudik itu akan memenuhi tempat-tempat wisata tersebut. Apakah ini yang diinginkan oleh pemerintah terjadi kerumunan warga masyarakat di lokasi wisata? Padahal vaksinasi yang disebut-sebut sebagai game changer untuk mengatasi COVID-19 juga masih berjalan lambat,” kata Netty.

Pemerintah dalam keterangan media menyebut pembukaan wisata akan tetap memerhatikan protokol kesehatan. Akan tetapi, menurut Netty sangat sulit menerapkan prokes di tempat-tempat wisata.

“Misalnya saja di pantai atau kolam renang yang pastinya akan diserbu oleh pengunjung, bagaimana penerapan prokesnya? Apa mungkin bisa menjaga jarak di tempat-tempat seperti itu? Apalagi masyarakat dilarang mudik, maka sudah pasti tempat wisata akan membludak,” tambah Netty.

Menurut Netty kebijakan pembukaan tempat wisata ini justru akan sangat membebani pemerintah daerah karena akan sangat disulitkan untuk mengetahui keterbatasan sumberdaya yang dimiliki pemda untuk menjaga tempat wisata. (Sp)

Related posts

Geger, Warga Temukan Mayat Saat Foto Selfie

Ester Minar

Viral! Nelayan Nangis Ke Anies Ternyata Caleg, Timnas AMIN Angkat Bicara

Ester Minar

Ricuh Karena Masalah Asmara, Seorang Babinsa Ditikam Sekelompok Orang

Ester Minar

Leave a Comment