suryapagi.com
HEADLINENEWSREGIONAL

Sebar Berita Bohong Demo Tolak PPKM, Tiga Bocah Jadi Tersangka

SPcom TEGAL – Tiga anak di bawah umur ditetapkan sebagai tersangka penyebaran berita hoaks aksi demo menolak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat di Kota Tegal. Polisi akan mengupayakan penanganan kasusnya untuk dilakukan diversi hukum.

Kapolres Tegal Kota, AKBP Rita Wulandari Wibowo mengatakan pengungkapan kasus itu bermula dari adanya ratusan anak yang melakukan orasi dan tindakan yang mengganggu ketertiban umum beberapa hari lalu.

Kemudian polisi menyelidiki dan berhasil mengamankan 71 anak-anak yang rata-rata masih di bawah umur.

“Setelah diamankan, selanjutnya dilakukan pemeriksaan terhadap handphone milik salah seorang di antaranya. Sehingga penyelidikan mengerucut pada tiga nama yang ditetapkan menjadi tersangka,” katanya, Senin (26/7/2021).

Kapolres mengungkapkan didapati salah satu postingan bertuliskan:
All stars bergerak, dimohon kawan-kawan Tegal, Brebes, Pemalang bisa hadir pada Senin, 19 Juli 2021. Titik kumpul Alun-alun dan titik demo balai kota lawas jam 10.00 WIB, acara tolak PPKM.

“Mereka melakukannya lantaran sebelumnya melihat postingan rencana aksi unjuk rasa di media sosial. Padahal, senior mereka sudah meralat dan menyampaikan kalau aksi diganti audiensi,” ujarnya.

Kapolres mengatakan dalam kasus itu berhasil diamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya tiga buah HP, tangkapan layar dari WA grup, dan postingan Facebook.

“Keduanya terancam pasal 14 ayat (2) Undang-undang RI nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana. Dengan ancaman hukuman 3 tahun penjara,” ujarnya.

Namun, karena pelaku masih di bawah umur dan ancaman hukuman di bawah tujuh tahun, maka diupayakan diversi hukum. Nantinya, setelah digelar musyawarah mereka akan dikembalikan ke orang tuanya.

Sebelumnya diberitakan Puluhan anak yang diduga hendak melakukan tindakan anarkis memprotes pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) terpaksa diamankan jajaran Polres Tegal Kota.

Bahkan, sebagian mereka sempat menantang dan melakukan penyerangan terhadap petugas saat diamankan. (SP)

Related posts

Pria Gesekkan Alat Kelamin ke Wanita di Dalam KRL

Ester Minar

Rayakan Ulang Tahun Sweet-17 Tanpa Prokes, Sejumlah Pelajar di Jambi Dibubarkan Petugas

Ester Minar

Sekuriti Pizza Hut Disekap, Polisi Selidiki

Ester Minar

Leave a Comment