suryapagi.com
EKBISEKONOMINASIONAL

Direktorat Metrologi Kemendag RI Jalin Kerjasama dengan Republik Kiribati

SPcom BANDUNG – Dalam rangka penerapan Kerjasama Selatan-Selatan dan Triangular (KSST) dengan beberapa negara tujuan ekspor bagi produk asal Indonesia, Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan kembangkan kerjasama tingkat internasional di bidang metrologi legal. Kerjasama tingkat internasional yang dilakukan salah satunya dengan Otoritas Metrologi Legal Republik Kiribati

‘’Kerjasama yang kami lakukan ini yaitu bimbingan teknis bagi SDM Metrologi Legal pada Otoritas Metrologi legal Republik Kiribati,” ujar Direktur Metrologi, Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kemendag, Rusmin Amin dalam keterangan persnya, Kamis (23/12/2021).

Menurutnya, program tersebut untuk membantu otoritas metrologi legal Republik Kiribati dalam mengembangkan sistem metrologi legal serta meningkatkan pemahaman dan pengetahuan di bidang metrologi legal. Sehingga dapat menjalankan kegiatan metrologi legal di negara tersebut sesuai dengan rekomendasi internasional.

Kegiatan bimbingan teknis dibidang metrologi legal bagi SDM Kiribati, lanjutnya, merupakan komitmen Direktorat Metrlogi Ditjen PKTN Kemendag dalam peningkatan peran aktif di tingkat internasional. Kegiatan ini adalah yang pertama dilakukan bersama dengan Republik Kiribati.

“Kami akan terus menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis ini dalam tiga tahun ke depan dengan topik-topik yang dibutuhkan oleh Kiribati. Diharapkan kegiatan bimtek dengan Kiribati membuka peluang dan kesempatan lain yang dapat memberikan nilai tambah bagi Indonesia dan Kementerian Perdagangan,” terangnya.

Rusmin menambahkan, sebelum menjalin kerjasama dibidang metrologi dengan Republik Kiribati, kegiatan serupa pun pernah dilakukan Direktorat Metrologi sejak tahun 2017 di Timor Leste.

Sementara Director of Business Regulatory Center, Ministry of Commerce Industry Co-operative Kiribati, Kammari Betiota mengatakan, pihaknya menyambut baik kontribusi Indonesia dalam memberikan bimbingan kepada Republik Kiribati.

‘’ Kami sedang menyusun perubahan Undang-Undang tentang Metrologi, dan kegiatan ini sangat membantu sehingga kami dapat berkonsultasi langsung,”ujar Kammari.(Ls)

Related posts

Presiden Jokowi Lantik AHY Sebagai Menteri ATR

Sandi

Plh Dirjen Bina Adwil Apresiasi Satpol PP dan Satlinmas Dalam Pengamanan Pemilu 2024

Sandi

Ganesha The Wedding Menciptakan Momen Tak Terlupakan

Sandi

Leave a Comment