suryapagi.com
TNI

TNI AL Dapat Tawaran Jadi Anggota Permanen Combined Maritime Forces

SPcom JAKARTA – Indonesia mendapat tawaran menjadi anggota permanen dari Combined Maritime Forces (CMF). Tawaran itu disampaikan Wakil Komandan CMF Commodore Philip Edward Dennis saat melaksanakan kunjungan kehormatan di Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur.

Wakil Asisten Operasi (Waasops) KSAL Laksamana Pertama Ariantyo Condrowibowo selaku perwakilan TNI AL menyambut positif tawaran tersebut.

“TNI AL menyambut positif tawaran dari CMF, dan akan menantikan surat undangan resmi kepada KSAL Laksamana Muhammad Ali,” kata Ariantyo dalam siaran pers Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal), kemarin.

Ariantyo mengatakan, tawaran itu akan disesuaikan dengan kebijakan dari pemerintah, khususnya Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI dan Mabes TNI.

Dalam pertemuan itu, Commodore Philip menyampaikan undangan agar Indonesia dapat bergabung menjadi anggota permanen CMF.

Selain itu, CMF dan TNI AL juga membahas sejumlah kerja sama dalam pelaksanaan tugas patroli, pengiriman staf (Nation Liason Officer) ke markas komando CMF di Bahrain, hingga kerja sama di bidang latihan serta pendidikan.

Seperti dilansir Kompas.com, CMF merupakan organisasi internasional beranggotakan 38 negara, di antaranya Amerika Serikat, Belanda, Turkiye, Inggris, dan Jepang.

CMF memiliki tugas utama untuk menyediakan keamanan di Area of Operation CMF, yaitu di wilayah Laut Merah, Teluk Aden, Teluk Arab, dan Samudera Hindia. (SP)

Related posts

Terima Brevet Hiu Kencana, Panglima TNI dan KSAD Resmi Jadi Warga Kehormatan TNI AL

Sandi

KSAD Tinjau Pembangunan Perumahan Prajurit Yonif Raider 323/BP

Sandi

Di Sela Kunjungan Lattis YTP R 100/PS, Dankodiklatad Baksos ke Warga Silaumaha

Sandi

Leave a Comment