suryapagi.com
REGIONAL

Jambore Kader Posyandu Padang Jaya, Kadiskes BU: Tingkatkan Kualitas Pelayanan

SPcom BENGKULU – Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Utara sukses menggelar Jambore Kader Posyandu, di Aula Kantor Kecamatan Padang Jaya, Sabtu (18/3/2023).

Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Utara, Samsul Maarif, dalam sambutannya menekankan peran penting kader Posyandu dalam meningkatkan kualitas layanan pendaftaran, penimbangan, pencatatan, dan penyuluhan kesehatan.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penghargaan dan meningkatkan keterampilan, wawasan, serta pengetahuan kader dalam penyelenggaraan Posyandu.

“Jambore Posyandu ini kita lakukan merupakan apresiasi dan penghargaan kita kepada kader Posyandu karena mereka adalah ujung tombak unsur kesehatan di tengah masyarakat,” ujar Samsul.

Ia berharap kader Posyandu dapat melakukan penyuluhan mengenai pola asuh balita. Sehingga anak-anak dapat tumbuh sehat, aktif, cerdas, dan responsif.

Kader juga dapat memberikan layanan konsultasi, konseling, diskusi kelompok, dan demonstrasi (praktik) kepada orang tua keluarga balita.

Untuk meningkatkan kualitas layanan, kader Posyandu diharapkan mampu menerapkan konsep pelayanan 5 Meja dengan baik. Konsep ini mencakup pendaftaran, pengukuran tinggi badan dan berat badan, pencatatan, penyuluhan gizi, dan pelayanan kesehatan.

Sambutan hangat juga diberikan dalam jenis kegiatan yang diadakan, seperti lomba tari kreasi, lomba yel-yel, lomba kreasi menu protein hewani, dan lomba kreasi jamu tradisional.

Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya mempererat hubungan antara kader Posyandu, tetapi juga memberikan kesempatan untuk berkreasi dan berbagi pengetahuan.

Dalam konteks yang lebih luas, kegiatan ini juga bertujuan untuk menggalang komitmen Posyandu aktif. Dengan komitmen dari Kepala Dinas Kesehatan, Plt Kadis KB, Kadis Sosial, Camat dan seluruh Kades di Padang Jaya, Kepala Puskesmas Air Lais, Kepala KUA, PLKB.

Peningkatan aktifitas Posyandu dan penurunan angka stunting di Kabupaten Bengkulu Utara tujuan besarnya. Ini adalah langkah yang baik dalam memajukan sektor kesehatan masyarakat dan kesejahteraan anak-anak di wilayah tersebut.(ADV)

Related posts

Heboh, Bus Pemprov Tersesat ke Kuburan Saat Ikuti Google Maps

Ester Minar

Truk Pertamina Tabrak Mobil Fuso Lantaran Gagal Nyalip

Ester Minar

Curi Domba Untuk Kurban Idul Adha, Seorang Pria Ditangkap

Ester Minar

Leave a Comment