suryapagi.com
MISTERIRAGAM

Legenda Si Mumun, Hantu Penunggu Danau Cibubur

Kisah arwah Si Mumun sebagai penunggu Danau Cibubur sudah lama diketahui masyarakat Cibubur, Pondok Ranggon, dan sekitarnya.

SPcom JAKARTA – Ke sisi Timur Jakarta, kemudian melingkar ke luar arah Cibubur, ada yang menarik di sekitaran Danau Cibubur yang masyur sangat angker. Apalagi saat malam datang dan terus bergerak bersama kegelapan. Salah satu legenda paling sering dikisahkan sebagai penunggu Danau Cibubur adalah Si Mumun. Hantu wanita ini banyak menggoda para tukang ojek, yang hingga tengah malam masih beroperasi.

Legenda hantu Mumun bermula saat disekitaran tahun 1980-an, mayat seorang wanita berseragam pramuka ditemukan di danau yang cukup luas. menurut laporan, sejak kejadian itu, sosok wanita berseragam pramuka sering terlihat tenang menatap danau, namun saat dia mendekat, wanita berseragam pramuka menghilang entah kemana.

Yang muncul kemudian hanyalah hembusan angin yang mengguncang wajah-wajah yang bertemu menghampirinya. Penduduk setempat memanggilnya Si Mumun. Penghuni Danau Buperta ini memiliki wujud seorang wanita yang konon memiliki paras cantik. menurut seorang anggota satuan pengamanan Buperta Cibubur, kisah arwah Si Mumun sudah lama diketahui masyarakat Cibubur, Pondok Ranggon dan sekitarnya.

“Masyarakat di sini sudah lama mengenal Si Mumun. orang sudah tahu namanya saat situ baru masih bernama Rawa Jembiung,” jelas taih dengan logat Betawi di pinggiran. Konon Si Mumun tadinya adalah seorang gadis desa setempat yang terkenai akan kecantikannya.   Suatu ketika ia dipaksa kawin oleh orangtuanya dengan seorang pemuda anak orang kaya.

Namun, karena dia sudah memiliki kekasih, Mumun tidak setuju dengan rencana perkawinannya itu. Tetapi orangtuanya tetap memaksa agar gadis itu menikah dengan pemuda idaman orangtuanya. Karena kesal dan tidak mau dikawin paksa, akhirnya Mumun pergi ke Rawa Jemblung dan memutuskan mengakhiri hidupnya di sana. sejak itulah, arwahnya kerap muncul di wilayah yang kelak menjadi bumi perkemahan. Sampai tahun 1990-an hantu Si Mumun masih sering muncul di arena perkemahan dan terus menjadi legenda hingga saat ini.  (SP)

Related posts

Beredar Video Syur Mirip Gigi, Raffi Ahmad Meradang

Ester Minar

Jadi Sarjana, Prilly Latuconsina Punya Pacar Baru

Ester Minar

Penyanyi Sekaligus Aktor, Ardhito Pramono Dicokok Polisi Terkait Narkoba

Ester Minar

Leave a Comment